el-HIKMAH menerima tulisan dalam bentuk artikel dan book review, baik berbahasa Indonesia, Inggris, maupun Arab, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tulisan belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dalam suatu berkala atau buku. Topik tulisan sesuai dengan lingkup kajian jurnal, yakni Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam.
  2. Jumlah halaman antara 15-20 untuk artikel dan 5-7 untuk book review, ukuran kwarto spasi ganda.
  3. Kecuali book review, semua tulisan harus menyertakan abstrak (100-150 kata) dan kata kunci (5-10 kata).
  4. Kata Arab yang belum baku ditulis mengikuti pedoman transliterasi. Cara penulisannya dimiringkan (italic), kecuali nama orang, tempat, institusi, dan sejenisnya. Hal serupa juga berlaku bagi penulisan kata-kata asing lainnya, termasuk bahasa daerah.
  5. Artikel harus menyertakan kata kunci (5 - 10 kata).
  6. Penulis menyerahkan naskah asli berikut copy-nya, dan khusus dari lingkungan IAIN Mataram berikut CD-nya.
  7. Semua tulisan menggunakan referensi dengan menggunakan Chicago Manual of Style 17th edition.

 

Proses Pengiriman Naskah

Semua artikel harus diserahkan secara online di alamat portal e-journal: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikmah/about/submissions dimana penulis mendaftar sebagai Penulis dan / atau ditawarkan sebagai Reviewer secara online. Jika penulis memiliki masalah tentang pengiriman online, silakan hubungi Tim Editorial di email berikut: erlanmuliadi@uinmataram.ac.id, CC: amalahanif0513@gmail.com.

Step 1 – Memulai Pengumpulan

Berikan tanda pada setiap checklist. Sampaikan comment kepada Editor jika diperlukan.  Kemudian, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 2 – Mengupload Naskah

Upload naskah tulisan anda dengan cara klik ‘Choose file’ kemudian klik ‘upload’. Gunakan format file doc atau rtf. Selanjutnya, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 3 – Mengimput Metadata Naskah

Input metadata naskah yang meliputi: identitas penulis, judul dan abstrak naskah, kata kunci, daftar pustaka dan sebagainya. Data yang diberi tanda bintang, harus diisi. Khusus untuk daftar pustaka, gunakan sistematika penulisan daftar pustaka yang baku, misalnya APA Style, MLA, atau Chicago Style. Berikan jarak 1 spasi untuk masing-masing sumber pustaka. Kemudian, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 4 – Mengupload File Pendukung (Opsional)

Pada bagian ini, upload file pendukung naskah anda, seperti dokumen terkait dengan analisis data dan dokumen pendukung lainnya yang tidak dapat dimasukkan ke dalam naskah akan tetapi penting untuk diketahui oleh reviewer. Selanjutnya, klik ‘Save and Continue’ untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Step 5 – Konfirmasi Pengumpulan Naskah

Pada bagian ini penulis akan ditunjukan ringkasan informasi naskah yang telah dikirim, Sebelum finalisasi, penulis dianjurkan untuk mengecek informasi tersebut dan jika sudah sesuai penulis dapat mengklik tombol ‘Final Submission’  untuk mengakhiri proses pengumpulan naskah. Setelah proses ini, penulis akan mendapatkan email konfirmasi dan dapat memantau status tulisannya setiap saat pada link yang yang diberikan. 

Copyright Notice

Jurnal El-Hikmah adalah jurnal akses terbuka di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Penulis dan pembaca dapat menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam medium atau format apa pun, serta remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial, tetapi mereka harus memberikan kredit yang sesuai (mengutip artikel atau konten), menyediakan tautan ke lisensi, dan tunjukkan jika ada perubahan. Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun berdasarkan materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan yang asli.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini hanya akan digunakan secara eksklusif untuk jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau kepada pihak lain.