» Section Policies

Artikel yang dipublikasikan adalah open submission, indexed and peer reviewed.

» Kebijakan Akses Terbuka
Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya berdasarkan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar

» Cek Plagiarisi
Editor akan menjalankan pemeriksaan plagiarisme dengan menggunakan Plagiarism Checker X untuk artikel yang dikirimkan sebelum dikirim ke pemeriksa. Kami tidak memproses konten yang dijiplak. Jika sebuah artikel memiliki lebih dari 10% plagiarisme berdasarkan hasil cek, kami akan mengirimkan kembali artikel tersebut kepada penulis untuk direvisi untuk konten yang dijiplak.

» Proses Peer-Review
Setiap artikel yang diajukan ditinjau secara independen oleh setidaknya dua peer-reviewer. Keputusan untuk publikasi, revisi, atau penolakan didasarkan pada rekomendasi mereka. Setelah ditinjau, akan ada empat jenis keputusan editor berdasarkan rekomendasi pengulas:

Accept Submission: Pengajuan akan diterima tanpa revisi.
Revisions Required: Pengajuan akan diterima setelah perubahan kecil telah dilakukan.
Resubmit for Review: Pengajuannya perlu dilakukan kembali, namun dengan perubahan yang signifikan, dapat diterima. Ini akan memerlukan putaran kedua review, namun.
Decline Submission: Pengajuan tidak akan dipublikasikan di jurnal.


» Revisi artikel
Artikel yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Artikel revisi yang dikembalikan lebih dari 20 hari akan dianggap sebagai pengajuan baru. Artikel yang direvisi dapat dikirim ke editorial melalui Online Submission Interface

» Biaya Pengiriman dan Pengisian Artikel

Kami tidak membebankan biaya kepada penulis untuk mengirimkan, memproses dan menerbitkan artikel. Pembaca dapat membaca dan mendownload artikel teks lengkap secara gratis. Namun, bagi penulis yang ingin mencetak jurnal itu dikenai biaya cetak dan pengiriman. Penulis harus membayar Rp 100.000 untuk 2 eksemplar.

» Witdrawal Artikel

Penulis tidak diijinkan untuk menarik diri yang diajukan tanpa artikan dalam proses peninjauan, karena penarikan tersebut adalah pemborosan sumber daya berharga sehingga editor dan pengulas menghabiskan banyak waktu memproses artikel yang dikirimkan. Pemberian witdrawal bisa berupa permintaan langsung atau tanpa konfirmasi dimana penulis tidak mengirimkan artikel yang telah direvisi. Untuk keadaan ini, mereka akan dihukum dengan membayar Rp 500.000 per naskah. Namun, tidak etis untuk menarik manuskrip yang diajukan dari satu jurnal jika diterima oleh jurnal lain. Penarikan artikel setelah diterima untuk dipublikasikan, penulis akan dihukum dengan membayar Rp 750.000 per naskah. Penarikan artikel hanya diperbolehkan setelah penarikan penalti telah dibayarkan sepenuhnya kepada Penerbit. Jika penulis tidak setuju untuk membayar denda, penulis dan afiliasinya akan masuk daftar hitam untuk dipublikasikan dalam jurnal ini. Bahkan, artikelnya yang diterbitkan sebelumnya akan dihapus dari jurnal kami.

» Licencing, Archiving, and Indexing

Perizinan
Semua artikel yang dipublikasikan dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0.

Pengarsipan
Publikasi ini diarsipkan di LOCKSS dan CLOCKSS

Pengindeksan
Publikasi ini diindeks oleh:
CrossRef, Sinta (Indeks Sains dan Teknologi), Google Scholar, Moraref, Directory of Research Journals Index, Indonesian Publication Index, Indonesian Scientific Journal Database 

» Copyright
Dengan mengirimkan dan menerbitkan artikel Anda di jurnal ini, Anda menyetujui kebijakan hak cipta dari penulis ke jurnal. Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan mengirimkan artikel dalam semua bentuk dan media. Reproduksi dari setiap bagian dari jurnal ini, penyimpanannya di database dan transmisinya dengan bentuk atau media apa pun, seperti salinan elektronik, elektrostatik dan mekanik, dan lain-lain, akan diizinkan dengan izin tertulis dari jurnal tersebut.