Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 11 Mataram

  • Khairil Anwar Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Mataram
  • Marudin Marudin Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Mataram
Keywords: Model Pembelajaran AIR, Hasil Belajar, auditory, intellectualy, repetition

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dalam materi pemerintah desa kelas IV SDN 11 Mataram dan mengetahui tingkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN di SDN 11 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalaham yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dan keterampilan berbicara, berfikir, dan mengulangi, melalui auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan analisis penelitian diperoleh data hasil evaluasi pada siklus I adalah yang mempunyai nilai ≥75 sebanyak 10 siswa, yang tidak tuntas secara individu sebanyak 20 siswa. Jumlah seluruh siswa adalah 37 orang. adapun persentase ketuntasan klasikal mencapai  45,94%. Sedangkan pada siklus ke II jumlah siswa yang mengikuti evaluasi sebanyak 37 siswa. Jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 36 siswa dan tidak tuntas adalah 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 97,29%, Jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) pada sub pokok materi pemerintah desa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram. Peneliti menyarankan agar model AIR ini dapat dilaksanakan khususnya untuk yang memiliki permasalahan yang sama dan perlunya manajemen waktu yang baik, sehingga pembelajaran dengan model AIR ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-29
How to Cite
Anwar, K., & Marudin, M. (2019, January 29). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 11 Mataram. El Midad, 10(1), 26-40. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/589
Section
Articles