Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA

  • Mulabbiyah Mulabbiyah UIN Mataram
  • Ismiati Ismiati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ahmad Sulhan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Model pembelajaran Fleming-VAK, Visual, Auditory, Kinestethic, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinestethic) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Thohir Yasin tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus, setiap sikus terdiri dari empat tahapan yang berkesinambungan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas mengajar pendidik dan aktifitas belajar peserta didik sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil kegiatan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi. Peningkatan dapat diketahui dari hasil perhitungan, diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar pendidik siklus I memperoleh skor 74 % dengan kategori terlaksana cukup baik dan pada siklus II meningkat dengan perolehan skor 85 % dengan kategori terlaksana baik. Demikian juga untuk aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh skor 68 % dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 79 % dengan kategori aktif. Untuk hasil belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,33% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Fleming-VAK dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas IV MI Thohir Yasin.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Sulhan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram

Published
2019-01-30
How to Cite
Mulabbiyah, M., Ismiati, I., & Sulhan, A. (2019, January 30). Penerapan Model Pembelajaran Fleming-VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Thohir Yasin pada Muatan Pelajaran IPA. El Midad, 10(1), 56-74. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/610
Section
Articles