Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumber belajar siswa
dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Arab siswa. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena data yang diinginkan
berupa angka. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas merupakan
variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau
timbulnya variabel terikat. Berdasarkan pengertian tersebut maka yang
menjadi variabel bebas pada penelitian ini adalah Sumber Belajar (X). dan
Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi
akibat, karena adanya variabel bebas. Berdasarkan pengertian tersebut maka
yang menjadi variabel terikat pada penelitian ini adalah Minat belajar (Y).
Ada beberapa teknik yang bisa dipergunakan untuk mengumpulkan data,
satu sama lain punya fungsi yang berbeda , dan hendaknya dipergunakan
secara tepat sesuai dengan tujuan penelitian dan jenis data yang ingin digali
serta keadaan subjek (sumber informasi) penelitian. Teknik-teknik yang
bisa dipergunakan untuk menggali data adalah: angket atau kuesioner,
wawancara atau interviu, dan observasi atau pengamatan. Analisis data
menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis
data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sumber belajar terhadap
minat belajar Bahasa Arab siswa kelas VII tahun pelajaran 2016/2017. Hal
ini dapat dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus regresi
sederhana dan mendapatkan nilai . Hasil persamaan regresi diperoleh F
hitung = 2.204 dan F tabel =4.300 maka F tabel ≥ F hitung dengan demikian
f tabel ≥f hitung ( 4.300 ≥ 2.204 ).

Keywords

Sumber Belajar Minat Belajar Bahasa Arab

Article Details

References

Ahmad Rohani, Media Instruksional Edukatif, (PT RinekaCipta, Jakarta1997) Djali,
Psikologi pendidikan, ( Jakatrta:Bumi Aksara,2008).
Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu`atul Ni`mah, Memahami Konsep Dasar Pembelajaran
Bahasa Arab, (Malang:UIN MalikiPress,2012).
Acep Hermawan, Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung:PT Remaja
Rosdakarya,2013).
Departemen Agama RI, Mata pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Umum,2007.
Eko Putro Widiyoko, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, (Yogyakarta : Pustaka
Pelajar 2014).
Musfiqun, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran (Jakarta 2012).
Muhammad Yaumi, Pendidikan Karakter, Peranan Guru Dalam Mengakultural Minat
Baca Siswa (cetakan pertama, Desember 2014).
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik (PT Remaja
rosda karya-bandung 2002).
Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Skunder,
( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).