Main Article Content

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada kajian terhadap Penerapan Strategi
DRA (Directed Reading Activity) Dalam Pengajaran Membaca (Qira’ah) di
MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram. Hambatan yang dihadapi
dalam Penerapan Strategi DRA (Directed Reading Activity) dan solusi yang
dilakukan guru bahasa Arab dalam menghadapi hambatan pada Penerapan
Strategi DRA (Directed Reading Activity) di kelas II. Metode penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian
ini dilaksanakan di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram dengan
melibatkan komponen yang ada di dalam Madrasah tersebut sebagai sumber
data atau subjek penelitiannya. Adapun metode yang peneliti pakai dalam
penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, metode
wawancara dan metode dokumentasi.
Berdasarkan data temuan di lapangan, peneliti dapat simpulkan bahwa
dalam Proses penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dalam
pengajaran membaca (Qira’ah) dapat digolongkan sebagai bagian dari
membaca keras ( ةيرهجلا ةءارقلا ), membaca dalam hati ( ةته اصلا ةءارقلا ) dan
membaca analitis ( ةيللحتلا ةءارقلا ). Oleh karena strategi itu menuntut siswa
memperoleh kemampuan pemahaman terhadap teks membaca yang jelas
melalui langkah-langkah pembelajaran yang sistematis, mulai dari membaca
dalam hati atau bersuara sampai pada membuat kesimpulan berdasarkan
bacaan yang diberikan dengan menghubungkan berbagai pengetahuan yang
telah dipunyai siswa sebelumnya maupun sesudah membaca. Penerapan
strategi DRA (Directed Reading Activity) dalam pengajaran membaca
(Qira’ah) pada kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram
terdapat beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi guru kelas II MA
Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram juga melakukan beberapa upaya
untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, agar pengajaran bahasa Arab di
kelas II MA Plus Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram dapat berjalan cukup
optimal, salah satunya yaitu dengan membentuk kelompok belajar dan tugas
siswa serta memberikan motivasi pada siswa dengan senantiasa memberikan
keyakinan tentang manfaat bahasa Arab bagi masa depan siswa baik dalam
kehidupan beragama dalam menghadapi era globalisasi.

Keywords

Strategi DRA (Directed Reading Activity) Pengajaran Membaca (Qira’ah)

Article Details

References

Abdul Hamid, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan, Metode, Strategi,
Materi, dan Media. Malang: UIN Malang Press, 2008.
Acep Hermawan, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2013.
Ahmad Fuad Effendy.Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Mysikat, 2005.
Ahmad Muhtadi Anshor, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya.
Yogyakarta: Sukses Offset, 2009.
Amirul Hadi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Angga Teguh Prasetyo, Kamus Istilah Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing,
2011.
Basrowi dan Sukidin, Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan
Cendikia, 2002.
Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia, 2008
Cholid Narbuko, Abu Ahmad, Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada Press, 2014.
Depag RI, Standar Kompetensi Kurikulum 2004.Jakarta: Direktorat Kelembagaan
Agama Islam, 2005.
Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hairil Anwar,”Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui
Penerapan
Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) pada mata pelajaran Bahasa
Arab” (Skripsi, IAIN Mataram, Mataram, 2010).
Henry Guntur Tarigan, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.
Bandung:Angkasa Bandung, 2008.
Iskandar, Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: GP Press, Jakarta, 2009.
Muhibbinsyah, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,2013.
Nasution, S, Metode Research Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.
Ngalimun, Strategi dan Model Pembelajaran.Banjarmasin: Aswaja Pressindo, 2012.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada,2003.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alpha Beta,
2013.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi V.
Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Suyanto dan Asep Jihad, MENJADI GURU PROFESIONAL Strategi Meningkatkan
Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2013.
Zainal Aqib, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan
Cendekia,2002.