Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam
mengatasi kesulitan belajar mufrodat dalam pelajaran bahasa arab kelas VI MI
NW Dasan Agung Mataram”. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan
kualitatif yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi
dan studi dokumentasi. Analisis data adalah proses mengatur urutan data,
mengorganisasikan kedalam pola, kategori dan satuan uraian dasar. Analisis
data menurut Bogdan & Biklen (dalam Lexy J. Moleong, 2012:248) adalah upaya
yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data,
memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya,
mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang
dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceriterakan kepada orang lain.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran Mufrodat Pada Siswa Kelas
VI dimulai dengan guru melafalkan Mufrodat atau kalimat bahasa Arab,
kemudian semua siswa mengikuti apa yang dilafalkan tersebut baik secara
kelompok maupun individu. Dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya
pelajaran Mufrodat memang sudah seharusnya menjadi latihan tersendiri
bagi semua siswa mulai dari mendengarkan Mufrodat, melafalkan Mufrodat
dan menterjemahkan arti Mufrodat. Sehingga dengan demikian pelajaran
Mufrodat tersebut menjadi pelajaran yang mudah untuk dipahami oleh semua
siswa. (2) Kesulitan belajar pada pelajaran Mufrodat dalam pembelajaran
bahasa Arab kelas VI lebih banyak datang daripada siswa itu sendiri. Hal itu
dikarenakan siswa yang berkesulitan belajar tersebut belum lancar dalam
membaca Al-Qur’an baik pada pelafalan kata, kalimat, maupun ujaranujaran
huruf bahasa Arab yang terdapat didalam Al-Qur’an dan itu sangat
berpengaruh terhadap prestasi belajar, tujuan pembelajaran dan pencapaian
dalam pembelajaran bahasa Arabnya. Selain itu factor utama penyebab
kesulitan belajar siswa adalah (factor internal) seperti minat siswa, bakat,
kamauan dan lain sebagainya. (fakror eksternal) seperti lingkungan keluarga,
masyarakat, sekolah dan sebagainya. (3) Strategi guru untuk Mengatasi
Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Mufrodat adalah dengan guru tersebut
tetap belajar agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien,
memperbanyak khazanah pengetahuan bahasa Arab dengan memperbanyak
membaca kamus-kamus bahasa Arab dan melatih semua siswa dalam halpelafalan Mufrodat, pengucapan kalimat bahasa Arab, pengujaran huruf-huruf
dalam Mufrodat dan sebagainya. Selain itu, guru dapat menerapkan beberapa
strategi pembelajaran seperti strategi demonstrasi, strategi bercakap-cakap,
strategi bercerita dan strategi bermain. Sebagai acuan bagi guru agar proses
pembelajaran berjalan seperti yang diharapkan.

Keywords

Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar Mufrodat

Article Details

References

Acep Hermawan, Metedolodi Pembelajaran Bahasa Arab.(Bandung: Remaja Rosdakarya,
2011)
Ahmad fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab (Misykat, Malang).
Ahmad Muhtadi Ansor, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya,
(Yogyakarta: Teras, 2009)
Asis Saefuddin, Pembelajaran Efektif, ( Bandung : PT Remaja Rosda Karya 2014
Derek wood, Kiat Mengatasi Gangguan Belajar ( Jogjakarta : katahati, 2007)
Hijriah, Waw ancara, Hari Senin Tanggal 13 februari 2017
Hijriah (Guru Bahasa Arab Kelas VI MI NW Dasan Agung ) Wawancara, 2 Juni
2017
Hijriah ( Guru Bahasa Arab Kelas VI MI NW Dasan Agung ) Wawancara, 10 Mei
2017
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosda Karya, 2011)
Muhamad Irham. Penggunaan Lagu Sebagai Strategi Pengajaran Bahasa Arab Kelas IV
MIN Karang Baru Mataram (Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram, 2004).
Marno dan M. Idris, strategi dan metode pengajaran (Ar-ruzz Media, jogjakarta
2008)
M. Ismail, Strategi Pembelajan Pkn (FKIP Press Universitas Mataram, mataram
2013)
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta :
Rineka Cipta,
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Ramayulis, ilmu pendidikan Agama Islam
Ruswandi, “Penerapan Media Lagu Arab Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat
Bahasa arab Kelas VIII MTs.Negeri Janapria” (Skripsi, Fakultas Tarbiyah, IAIN
Mataram, 2014).
Sutjihati somantri, Psikologi Anak luar biasa (2009)
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar ( Jakarta : Rineka Cipta, 2008)
Sukardi, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar ( Jakarta : Raja Grafindo
Persada, 1983)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D ( Bandung: Alfabeta,
2014)
Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka
Cipta, 2010 )
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif,
(Bandung: Alfabeta, 2012)
Santoso, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia ( Surabaya : Pustaka Agung 2007 )
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar ( Jakarta : Rineka Cipta, 2008)
Sukardi, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar ( Jakarta : Raja Grafindo Persada,
1983)
Yuli Andriana, “Upaya-Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Matematika” di MTS As-Syafi’iyah Dasan Baru Jabon Selatan
Lombok Tengah” (Skripsi, Fakultas Tarbiyah, IAIN Mataram, 2006).
Yusraini. (2012). “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Implikasinya Terhadap
Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab”. Jurnal Media Akademika. 27.