Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatari oleh permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program imtaq di MI NW Nurul Karim Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat di antaranya adalah: (1). Tidak maksimalnya perhatian khusus siswa dalam mengikuti pelaksanaan program imtaq, (2). siswa tidak terfokus mengikuti kegiatan imtaq, (3). masih ada siswa yang main-main, ngobrol dan lain sebagainya. Di satu sisi bahwa program imtaq di MI ini tidak hanya dilaksanakan pada jam formal pada hari Jum’at pagi misalnya, namun juga diperluas waktunya pada waktu lain di luar jam Sekolah/Madrasah/ madrasah formal, seperti melaksanakan “Acara Hiziban NW” rutin setiap minggu. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah di atas adalah pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu  prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa data tertulis atau bisa dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Dengan adanya program imtaq yang dilaksanakan secara rutin tersebut, telah membawa hasil dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada anak didik di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung Kabupaten Lombok Barat. Perubahan-perubahan tersebut mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang ditandai dengan tertanamnya kebiasaan-kebiasaan berbuat baik anak didik di lingkungan Madrasah maupun di luar lingkungan Madrasah.

Keywords

Program Imtaq, MI Nurul Karim NW Gerung, Program Imtaq Harian, Program Imtaq Mingguan, Program Imtaq Bulanan, dan Program Imtaq Setiap Tahun

Article Details