PERAN PENDIDIKAN TARIKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYAH

STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH PAGUTAN MATARAM

  • Baharudin Baharudin Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nur Latifah STID Mustofa Ibrahim Al Islahudiny, Lombok Barat, Indonesia
Keywords: Peranan Pendidikan, Tarikat Qadariyyah Wa Naqsabandiyah, Pondok Pesantren Darul Falah

Abstract

Eksistensi tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Indonesa telah memainkan peran penting dan strategis di tengah masyarakat. Peran  tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah dalam bidang pendidikan tidak terbatas pada aspek ritual dan pembinaan karakter, akhlak mulia, kepribadian hidup bersahaja, tekun beribadah, akan tetapi juga pada aspek solidaritas sosial dan kepekaaan sosial. Penelitian ini mencoba mengungkap peran pendidikan tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah di Pulau Lombok, yaitu setudi kasus di Pondok Pesantren Darul Falah Pagutan Mataram. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa peran pendidikan tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah dilakukan dengan pendekatan pendidikan dalam tataran mikro dan makro. Pada tataran mikro, pengembangan pendidikan dilakukan secara personal dan dalam kelompok kecil melalui sederetan ritual seperti baiah, dzikir, khataman, dan manaqib. Sementara dalam tataran makro pengembangan pendidikan dilakukan secara terorganisir dan terstruktur melalui institusi pendidikan dan organisasi tarekat.

References

Abdullah, Hawas. Perkembangan Ilmu Tasawuf dan tokoh-tokohnya di Nusantara. Surabaya: al-ikhlas, 1980.
Agama, Kementerian, Al-Qur’an dan Terjemahnya Juz 1-30 Edisi Baru, Surabaya: Pustaka Agung Harapan, 2006.
Anwar, Rosihon dan Solihin.Ilmu Tasawuf. Jakarta: Pustaka Setia, 2007.
Al-Najjar, Amir. Al-Thuruq al-Shufiyyah fi Mishr. Kairo: Maktabah Anjlu al-Misriyyah, 1981.
Arifin, Shahibul wafa Tajul. Uqudul juman Tanbih. Jakarta:Yayasan Serba Bhakti, 1995.
Bruinessen, Martin Van. Tarekat Naqsyabandiyah di Indonesia. Bandung: Mizan, 1992.
Djatnika, Rachmat. Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas, 1996.
Dhofier, Zamakhsari.Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1986
Echols, John M. dan Hassan Shadily. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1987.
Hadi. Metode Research. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1986.
Hamid, Syamsul Rijal. Buku Pintar Agama Islam.Jakarta: Cahaya Salam, 2008.
Ismail, Faisal. Paradigma Kebudayaan Islam. Yogyakarta: Titihan Ilahi ress, 1988.
Kastama, Emo. Inabah. Tasikmalaya: Yayasan Serba Bhakti, 1994.
Kevin & Karen E. Bohlin. Building Character in Schools. Practical Waysto Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass, 1999.
Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2007.
Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our School Can TeachRespect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books, 1991.
Lincoln dan Guba. Prosedur Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1985.
Miles dan Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia-Press, 2009.
Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 1992.
Nawawi. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rosda Karya, 1998.
Nur, Djamaan. Tasawuf dan Tarekat Naqsabandiyah.Jakarta: Usu Press, 2002.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011.
Scimmel, Anne Marie. Mystical Dimension of Islam. Chapellhills: Corolina Press, 1981.
Suharsimi, Prosudur Penelitian (Suata Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta, 1996.
_________. Prosudur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
_________ Prosudur Penelitian (Suatatu Pendekatan Praktek). Jakarta: Rineka Cipta 1992.
Sa’id, Muka. Etika Masyarakat Indonesia. Jakarta: Pradnya Paramita, 1986.
Saerozi, KH. Zamroji. Mursyid Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah Pusat Pare Kediri.
Taufik, Kreativias Jalan Baru Pendidikan Islam, Mataram: LEPPIM IAIN Mataram, 2012
Trimingham, J. Spencer. The Sufi Orders in Islam (London: Oxford University Press, 1973).
Nasution, Harun, Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah: Sejarah Asal Usul dan Perkembangannya, Tasikmalaya: IAILM, 1990.
Ya’qub, Hamzah. Etika Islam: Pembinaan Akhlaqulkarimah (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro, 1988.
Published
2017-12-18
How to Cite
Baharudin, B., & Latifah, N. (2017, December 18). PERAN PENDIDIKAN TARIKAT QADIRIYYAH WA NAQSABANDIYAH. Jurnal Tatsqif, 15(2), 223-241. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/10