PENGEMBANGAN MODEL PRAKTIKUM UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MAHASISWA CALON GURU DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN

  • Habibi Ratu Perwira Negara Universitas Islam Negeri Mataram
  • Susilahudin Putrawangsa Universitas Islam Negeri Mataram http://orcid.org/0000-0002-5225-4104
Keywords: Pengembangan Model; Praktikum; Mahasiswa Calon Guru; Penilaian Pembelajaran;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan karakteristik dari model praktikum untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa calon guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Design Research. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model praktikum yang relevan untuk maksud tersebut adalah model praktikum yang mengembangkan keterampilan calon guru (selaku perancang instrumen penilaian) dalam (1) mengembangkan butir soal pilihan ganda, (2) mengembangkan butir soal uraian, dan (3) menganalisis kualitas dari butir soal tersebut baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Ketiga kegiatan praktikum tersebut dirancang dalam suatu bentuk kegiatan pengembangan, yaitu pengembangan butir soal. Dalam rancangan kegiatan pengembangan tersebut, praktikan mengalami tiga tahapan kegiatan, yaitu (1) proses perencanaan (yaitu perumusan butir soal berdasarkan analisis kompetensi dan penyusunannya dalam suatu bentuk instrumen penilaian), (2) validasi instrumen penilaian baik secara kualitatif (validasi isi dan konstruksi) maupun secara kuantitatif (analisis butir), dan (3) perbaikan instrumen penilaian berdasarkan hasil validasi. Dalam model praktikum tersebut mahasiswa dilatih untuk menguasai: (1) keterampilan menerjemahkan kompetensi belajar ke dalam indikator belajar, (2) keterampilan merumuskan indikator soal berdasarkan indikator belajar, (3) keterampilan menyusun soal berdasarkan indikator soal beserta pedoman penskoran yang sesuai, dan (4) keterampilan menyajikan soal dalam suatu bentuk instrumen penilaian yang siap untuk digunakan sebagai alat penilaian. Pemahaman siswa tentang sasaran pembelajaran (kognitif, apektif, dan psikomotorik) dan pemahaman kebahasaan adalah dua faktor yang penting yang mempengaruhi kualitas butir instrumen penilaian yang dirumuskan oleh praktikan.

References

Akker, J. V., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. London: Taylor & Francis Ltd.
American Educational Research Association (AERA), American Psycological Association (APA), & National Council on Measurement in Education (NCME). (1999). Standard for teacher competences in educational assessment of students. Washington, D.C.: American Federation of Teachers.
Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Kentingan: UNS Press.
Direktorat Tenaga Kependidikan Depdiknas. (2004), Standar kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
Hasanah, U., Putrawangsa, S., & Ardi, R. (2017). PENILAIAN KUALITAS INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA TENAGA PENDIDIK. JURNAL TATSQIF, 15(1). Retrieved from http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/1310
Joyce, B. & Weil, M. (1980). Model of Teaching. New Jersey: Prentice Hall.
McKenney, Susan, and Thomas C. Reeves (2012). Conducting Educational Design Research. Oxon: Routledge.
NSDL (2017) What is a Model? Diakses dari https://serc.carleton.edu/introgeo/models/WhatIsAModel.html pada tanggal 27 November 2017.
Oemar Hamalik. (1995). Kurikulum dan Pembelajaran (Cet-1). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Zainal Arifin. (2011). Penilaian Pembelajaran (Cet-3). Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Plomp, Tjeerd, and Nienke Nieveen. (2010). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO-Netherlands Institute for Curriculum Development.
Plomp, Tjeerd, and Nienke Nieveen. (2013). An Introduction to Educational Design Research. Enschede: SLO-Netherlands Institute for Curriculum Development.
Putrawangsa, S. (2013). Educational Design Research: Developing Students‟ Understanding of The Multiplication Strategy in Area Measurement. Master Thesis www.fisme.science.uu.nl/en/impome/theses_group_2012 /thesis_Sis.pdf&lc=en- Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Putrawangsa, S., Lukito, A., Amin, S.M., dan Wijers, M. (2013) Educational Design Research: Developing Students’ Understanding of Area as the Number of Measurement Units Covering a Surface. Dalam Zulkardi (Eds.) Proceeding The First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference (Hal. 416 – 426 eprints.unsri.ac.id/2451/). Palembang: Eprint Unsri
Putrawangsa, S., Wijers, W., Lukito, A., & Amin, S.M. (2014) Educational Design Research: Developing Students’ Understanding Of Measurement Units Of Area. Proceeding International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education (Hal. 125 – 136 http://eprints.uny.ac.id/24250/1/E-17.pdf). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Reynolds, C.R., Livingstone, R.B. & Willson, V. (2009). Measurement and Assessment in Education (2nd Edition). New Jersey: Person.
Richey, Klein, dan Tracey. (2011). The instructional design knowledge base: theory, research, and practice. New York: Rautledge.
Suparman, M.A. (2014). Desain Instruksional Modern (Edisi Keempat). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2017-12-16
How to Cite
Negara, H., & Putrawangsa, S. (2017, December 16). PENGEMBANGAN MODEL PRAKTIKUM UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MAHASISWA CALON GURU DALAM PENILAIAN PEMBELAJARAN. Jurnal Tatsqif, 15(2), 154-172. Retrieved from http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/4