• INTEGRASI DAN IMPLIKASI TEKNOLOGI DIGITAL PADA DUNIA PENDIDIKAN
    Vol 17 No 1 (2019)

    Edisi ini mengungkkap hasil penelitian terkait dengan pengaruh, dampak, implementasi atau integrasi teknologi digital dalam dunia pendidikan.
    Kajian pada edisi ini meliputi studi tentang: (1) ortodoksi dan heterodoksi nilai-nilai di pesantren (studi kasus pada perubahan perilaku santri di era teknologi digital), (2) efektivitas pembelajaran berbasis daring (sebuah bukti pada pembelajaran bahasa inggris), (3) media sosial dan pembelajaran (studi efektivitas penggunaan facebook dalam pembelajaran bahasa inggris),  (4) smart techno parenting sebagai alternatif pendidikan anak pada era teknologi digital, (5) sosial media dan prestasi belajar (studi hubungan penggunaan facebook terhadap prestasi belajar siswa, (6) pembelajaran berbasis digital (studi penggunaan geogebra berbantuan e-learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika), dan (7) Studi pengembangan konten Blanded Learning di perguruan tinggi.

  • PENERAPAN DAN PENGEMBANGAN INTERVENSI PENDIDIKAN
    Vol 16 No 2 (2018)

    Pengembangan intervensi pendidikan melalui skema riset mendapatkan perhatian yang semakin serius di kalangan peneliti pendidikan beberapa dekade terakhir ini. Volume ini memaparkan sejumlah hasil penelitian penerapan dan pengembangan intervensi di bidang pendidikan, baik dalam skala besar (kurikulum) maupun dalam skala kecil (kegiatan dan media pembelajaran).

  • PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0
    Vol 16 No 1 (2018)

    Pada era industri 4.0, peranan teknologi digital dalam pembelajaran semakin krusial. Para praktisi pendidikan mendapatkan dirinya dalam kebingungan mengenai bagaimana memaksimalkan peranan teknologi digital dalam pembelajaran. Oleh karena itu, volume ini memuat sejumlah hasil kajian pakar di bidang teknologi pendidikan tentang bagaimana memaksimalkan penggunakan teknologi dalam dunia pendidikan guna menghadapi era Industri 4.0.

  • EVALUASI DAN PENILAIAN PENDIDIKAN
    Vol 15 No 2 (2017)

    Penilaian pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari suatu proses pendidikan.  Penilaian pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai metode dan pendekatan, misalnya formatif, sumatif, praktik, otentik, dan sebagainya. Pada volume ini, peneliti memaparkan sejumlah aspek terkait dengan penelitian di bidang penilaian pendidikan. 

  • MODEL DAN INSTRUMEN PEMBELAJARAN
    Vol 15 No 1 (2017)

    Sebuah model pembelajaran melalui serangkaian proses pengujian untuk dapat diakui sebagai suatu model pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis. Volume ini memaparkan berbagai hasil penelitian di bidang penerapan dan pengujian efektivitas dari suatu model pembelajaran. 

  • MASALAH DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN
    Vol 14 No 2 (2016)

    Buruknya prestasi belajar,  rendahnya hasil belajar, kurangnya motivasi belajar, buruknya pemahaman siswa dalam sejumlah topik pembelajaran adalah sejumlah bentuk masalah pembelajaran dalam dunia pendidikan. Volume ini memaparkan sejumlah hasil penelitian terkait efektivitas sejumlah intervensi untuk menyelesaikan masalah pembelajaran di dunia pendidikan. 

  • PERANAN LINGKUNGAN DALAM PENDIDIKAN
    Vol 14 No 1 (2016)

    Lingkungan dimana siswa tinggal diyakini adalah salah satu pembentuk karakter siswa dan mempengaruhi konsepsi siswa tentang suatu objek kajian. Volume ini memaparkan sejumlah penelitian yang terkait dengan pengaruh lingkungan terhadap dunia pendidikan anak.