Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram

  • Lukman Hakim Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: training, papers, wall magazine, madrasa

Abstract

[Bahasa]Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan Pelatihan Karya Tulis dan Majalah Dinding Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini, yaitu; untuk mendeskripsikan potensi menulis dan berkreasi dalam mengekpresikan diri atau kelompok dalam bahasa tulis dan simbol bagi siswa, mendeskripsikan cara membuat dan mengelola majalah dinding sebagai media karya dan komunikasi pada komunitas, dan mendeskripsikan cara pemanfaatan media untuk berekpresi secara positif dan produktif. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah dan simulasi serta praktek membuat tulisan karya tulis dan membuat majalah dinding di madrasah. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah adalah (1) secara kognitif ada peningkatan pengetahuan siswa dalam penulisan karya tulis dan majalah dinding, (2) siswa memiliki keterampilan dasar dalam menulis karya tulis dan membuat majalah dinding, (3) siswa dapat menuangkan ide kreatif dalam mengembangkan hasil kreasi dan variasi model keterampilan dalam karya tulis dan majalah dinding, dan (4) siswa dapat menerbitkan hasil karya tulis mereka dalam majalah dinding.

Kata kunci: pelatihan, karya tulis, majalah dinding, madrasah

[English]This community service is carried out to provide Writing and Wall Magazines Training for Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram Students. There are several objectives to be achieved from this activity, namely; to describe the potential of writing and being creative in expressing themselves or groups in written language and symbols for students, describe how to make and manage wall magazines as a medium of work and communication in the community, and describe how to use media to express positively and productively. This training uses lecture and simulation methods as well as the practice of writing papers and making wall magazines in the madrasa. The conclusions obtained from this activity are (1) cognitively increasing students' knowledge in writing and wall magazines, (2) students have basic skills in writing papers and making wall magazines, (3) students can put creative ideas in developing the creation and variation of skill models in wall papers and magazines, and (4) students can publish their written work in wall magazines.

Keywords: training, papers, wall magazine, madrasa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmuin (1998). Prospek Pendidikan Islam di Indonesia: Suatu Telaah terhadap Pesantren dan Madrasah. Dalam Chabib Thoha dan Abdul Muth'i. PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerja sarna dengan Fakultas Tarbiyah lAIN Walisongo Semarang.
Fadjar, M.A. (1998). Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan.
Kadri,dkk.2010, Pemberdayaan Masyarakat: Strategi dan Pengalaman Aksi, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta kerjasama dengan Nusa Tenggara Centre Mataram.
Mustaqim Sirathal. (2008).Penguatan Masyarakat Dengan Program CD. Dalam http://1.blot.spot.com. 27 April 2014.
Panduan Bantuan Peningkatan Mutu Program Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2014, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2014.
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CFIQFjAE&url=https%3A%2F%2Fitja.wordpress.com%2Fcategory%2Fmanajemen-kelembagaan%2F&ei=JLVfU8PZHcj_8QXAqoGwDw&usg=AFQjCNHTLDMy6IqzZmqVsWd4SAxy7YXwWA&sig2=4KP78PZSffOb3IswW59wYg di akses tanggal 29 April 2014.
http://jorjoran.wordpress.com/2011/06/19/makalah-manajemen-lembaga-pendidikan-islam/ diakses tanggal 30 April 2014.
Zamhariri (2008), Pengembangan Msyarakat: Perspektif Pemberdayaan dan Pembangunan, Komunitas, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol 4, no. 1
Published
2018-12-31
How to Cite
Hakim, L. (2018, December 31). Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 101-110. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.583