Pelatihan pengembangan minat dan potensi guru dalam penulisan karya tulis ilmiah di Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah Tembelok Kota Mataram Tahun 2018

  • Baehaqi Baehaqi Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: development, interest and potential, scientific papers

Abstract

[Bahasa]Masalah dalam dunia pendidikan hususnya dalam pendidkan pormal, khususnya di Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah adalah kegiatan pendidikan masih terpasung dalam persoalan didaktika atau persoalan peroses pembelajaran. Akibatnya, esensi pendidikan yaitu pengembangan ilmu pengetahuan menjadi terabaikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan profesioalisme guru sehingga mutu pendidikan meningkat. Kegiatan ini sekaligus sebagai sarana mendekatkan lembaga pendidikan tinggi dalam hal ini Universitas Islam Negeri (UIN) mataram dengan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu unsur dari Tri Darma perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi dapat memberdayakan masyarakat dan mempersiapkan generasi yang berkualitas dalam tataran pengetahuan, agama, dan moral. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Participatory Action Research (PAR) yang bertujuan untuk melibatkan para guru sebagai peserta aktif pelatihan sehingga dapat mendorong tumbuhnya minat mereka dalam menulis karya ilmiah setelah selesai pelatihan. Hasil dari pelatihan ini adalah tumbuhnya minat guru dalam menulis karya ilmiah dan tersusunnya sebuah karya tulis ilmiah berupa buku sederhana.

Kata Kunci: pengembangan, minat dan potensi, karya tulis ilmiah

[English]The problem in the formal education, especially in the Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah is that educational activities are still attached to inactic problems or learning process problems. As a result, the essence of education, namely the development of science, was neglected. This community service program aims to develop teacher professionalism so that the quality of education increases. This program is also a means of bringing higher education institutions closer together in this case the Mataram State Islamic University (UIN) with the community. It is one of the elements of higher education mandate, so that universities can empower the community and prepare a generation at the level of knowledge, religion and morals. The method used is Participatory Action Research (PAR), which aims to involve the teachers as active participants in the training so that they can encourage the growth of their interest in writing scientific work after the training is finished. The results of this training were the growing interest of teachers in writing scientific papers and the compilation of a scientific paper in the form of a simple book.

Keywords: development, interest and potential, scientific papers

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rachman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam: Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011), 19-24.
Abdullah Faishol, dkk., Metode dan Te knik Kuliah Kerja Nyata Transformatif: Implementasi Participatory Action Research (PAR) & Participatory Rural Appraisal (PRA) untuk Aksi Perubahan Sosial (Surakarta: P3M STAIN Surakarta, 2006), 117-26.
M. Taufik, Kreativitas: Jalan Baru Pendidikan Islam (Mataram: Leppim IAIN Mataram, 2012), 21-37.
Suryadharma Ali, Mengawal Tradisi, Meraih Prestasi: Inovasi dan Aksi Pendidikan Islam (Malang: UIN-Maliki Press, 2013), 184-7.
Terence W. Moore, Philosophy of Education: An Introduction (London: Routledge &Kegan Paul, 2010), 11-14.
Published
2018-12-31
How to Cite
Baehaqi, B. (2018). Pelatihan pengembangan minat dan potensi guru dalam penulisan karya tulis ilmiah di Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah Tembelok Kota Mataram Tahun 2018. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 123-130. https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.585