THE EFFECT OF TRADITIONAL LORE GAMES ON ENHANCING BASIC LOCOMOTOR SKILLS IN YOUNG CHILDREN
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v6i1.10340Keywords:
Gerak Dasar Lokomotor, Permainan Tradisional Lore, Anak Usia DiniAbstract
Abstract
This study aims to determine the effect of tradisional Lore games on the fundamental locomotor movements of early childhood. The research uses an experimental method with a Pre-Experimental design, specifically a one-group pretest-posttest design. The population consists of children at TK Mesjid Raya Jihad, Padang Panjang, with a total sampling technique involving 18 children as samples. The results indicate that Lore games can enhance the fundamental locomotor skills of children. Before the treatment, the children's locomotor skills were at a low level, but these skills significantly improved after the treatment. These findings demonstrate the positive impact of Lore games on enhancing fundamental locomotor movements in early childhood.
Keywords: Fundamental Locomotor Movements, Traditional Lore Games, Early Childhood.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Tradisional Lore terhadap gerak dasar lokomotor anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental, tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah anak-anak di TK Mesjid Raya Jihad, Padang Panjang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, melibatkan 18 anak sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Lore dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lokomotor anak. Sebelum diberikan perlakuan, kemampuan gerak dasar lokomotor anak berada pada tingkat rendah, namun setelah diberikan perlakuan, kemampuan tersebut meningkat secara signifikan. Temuan ini menunjukkan adanya pengaruh positif permainan Lore terhadap peningkatan gerak dasar lokomotor pada anak usia dini.
Kata kunci: Gerak Dasar Lokomotor, Permainan Tradisional Lore, Anak Usia Dini.
Downloads
References
Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia 5-6 Tahun Di Kelas B Hijau Melalui Permainan Engklek Rintangan Di Tk Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178–190. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26680
Derri, V., Tsapakidou, A., Zachopoulou, E., & Kioumourtzoglou, E. (2001). Effect of a Music and Movement Programme on Development of Locomotor Skills by Children 4 to 6 Years of Age. European Journal of Physical Education, 6(1), 16–25. https://doi.org/10.1080/1740898010060103
Djuanda, I., & Adipura, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola (Penelitian Pada Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Fadilah Depok). Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 19(2), 265–274.
Djuanda, I., & Suryani, R. L. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. El-Moona | Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(1), 1–13.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(2), 10–38.
Fathurrohman, M. N. (2021). 18 Jenis Permainan Tradisional Khas Sumatera Barat (Minangkabau). Aturan Permainan.
Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA?: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Pada Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(2), 61–73.
Husna, M. (2009). 100+ Permainan Tradisional Indonesia untuk kreativitas, ketangkasan, dan keakraban. Penerbit Andi.
Linda, R. F., & Rifki, M. S. (2020). Upaya Meningkatkan Gerak Lokomotor Anak Tunagrahita Ringan melalui Permainan Tradisional Engklek Modifiksi. Jurnal Stamina, 3(6), 417–425.
Mukarromah, O., Maesaroh, T., & Imtihanudin, D. (2022). Konservasi Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini. Jurnal Elementary, 5(1), 1–5.
Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini? JURNAL PAUD AGAPEDIA, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390
Nisa, I., & Suwardi, S. (2021). Stimulasi Gerak Lokomotor Anak Usia 1-4 Tahun Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.571
Pica, R. (2012). Permainan-permainan pengembangan karakter anak-anak. Indeks.
Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.
Setyawan, E. B. (2014). Kontribusi Kelincahan dan Daya Ledak Otot Tungkai terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok (Studi pada Mahasiswa Putra Jurusan Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi Angkatan Tahun 2013 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Kesehatan Olahraga, 02(01), 84–88.
Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Media Group.
Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Unp Press (Vol. 1).
Vanagosi, K. D. (2016). Konsep gerak dasar untuk anak usia dini. Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 1, 72–79.
Warmansyah, J., Zulhendri, Z., & Amalina, A. (2021). The Effectiveness of Lore Traditional Games Towards The Ability to Recognize The Concept of Numbers on Early Childhood. Ta’dib, 24(2), 79. https://doi.org/10.31958/jt.v24i2.2685












