MANAJEMEN KURIKULUM PAUD DI LINGKUNGAN PESANTREN (ANALISIS DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL ITTIFAQIAH INDRALAYA SUMATERA SELATAN)
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1656Keywords:
Manajemen, Kurikulum, Anak Usia Dini, PesantrenAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi manajemen kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. (2) sejauhmana keterlibatan yayasan, guru, orang tua dan masyarakat sekitar dalam mendisain dan merencanakan kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. (3) problematika apa saja yang dihadapi dalam manajemen kurikulum PAUD di lingkungan Pesantren Al Ittifaqiah. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum PAUD di Pesantren Al Ittifaqiah Indralaya meliputi: (1) Perencanaan, terdiri dari: Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), dan Rencana Kegiatan Harian (RKH). (2) Pelaksanaan. a) Kegiatan keagamaan, meliputi: Menghafal doa seharihari dan surat-surat pendek, Shalat dhuha, Menonton film kartun religi, Manasik haji, dan Bahasa Arab dasar. b) Pengetahuan umum dan seni, meliputi: Pengenalan rambu-rambu lalu lintas, Membuat alat komunikasi (telepon), dan menari. (3) Pengawasan. a) Pengawasan yayasan ke sekolah, meliputi: Observasi sekolah, Pertemuan kelompok, dan Pembicaraan individual. b) Pengawasan kepala sekolah ke para guru, meliputi: Praktek (demonstrasi) mengajar, Observasi kelas, Pembicaraan individual, dan Pertemuan kelompok. (4) Evaluasi. Dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran dengan model evaluasi CIPP, yang meliputi: context, input (anak, pendidik, dan sarana prasarana), process, dan product. Disain dan perencanaan kurikulum melibatkan beberapa pihak, yaitu: Yayasan, Guru, orang dan masyarakat sekitar. Problematika dalam manajemen kurikulum PAUD di lingkungan pesantren Al Ittifaqiah Indralaya yaitu: a) Kompetensi pendidik. b) Sarana dan prasarana (Alat Permainan Edukatif dan ruang atau gedung penunjang).
Downloads
References
Agus Zainul Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam dari Normatif-Filosofis ke Praktis, Bandung: Alfabeta, 2013 Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Panduan Teknis Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah; Dokumen Utama, Jakarta: Kemenag RI, 2010
Haidar Putra Daulay, Historitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004
H.E Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Cet. I, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Husain Yasin, Asas al-idarah al-tarbawiyyah wa al-madrasiyyah wa al-isyraf al-tarbawiy, Dar al-Fikr, 2009
Jamal Ma’mun Asmani, Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini, Memahami Sistem Kelembagaan, Metode Pengajaran, Kurikulum, Keterampilan dan Pelatihanpelatihannya, Yogyakarta: Diva Press, 2009
Khaeruddin, Mahfud Junaedi, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasi Masyarakat, Cet. II, Yogyakarta: Pilar Mandiri, 2007
Maimunah Hasan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: Diva Press, 2009
Manullang, Dasar-dasar Manajemen, Yogyakarta: UGM Press, 2012
Mujamil Qomar, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlanggga, 2005
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini, Jakarta, 2014
R. Ibrahim dan Mohammad Ali, “Teori Evaluasi Pendidikan”, dalam Mohammad Ali, dkk., Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian II, Ilmu Pendidikan Praktis, Bandung: Imtima, 2009
Sandra H. Petersen dan Donna S. Wittmer, Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Pendekatan Antar Personal (a Relationship-Based Approach), terj. Arief Rakhman, Jakarta: prenada Media Group, 2015
Soemartin Pramonodawo, Pendidikan Anak Prasekolah,Cet. II, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Teguh Triwiyanto, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015
Tohirin, Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012
Umiarso dan Nur Zazin, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, Semarang: Rasail, 2011
Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zamakhsari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia, Jakarta: LP3ES, 2011












