IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DI TK AL-MUHSIN

Authors

  • Fitriyah Fitriyah IAIN MADURA

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809

Keywords:

Pengembangan Nilai Agama Moral, Metode Keteladanan, Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat anak yang memiliki nilai agama moral yang baik dan pembelajaran nilai agama moral yang dilakukan oleh guru sudah bersifat aplikatif terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan nilai agama moral pada anak usia dini usia 4-5 tahun melalui metode keteladanan di TK Al-Muhsin Tagangser Daya, Pasean, Pamekasan Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pengembangan nilai agama moral pada anak usia dini melalui metode keteladanan di TK Al-Muhsin meliputi hafalan surat pendek dan doa-doa harian, praktek sholat dhuha yang dilakukan oleh guru dengan mengajak serta murid-muridnya, sopan santun dalam berkata dan bersikap kepada orang yang lebih tua,. meminta maaf ketika berbuat salah, mengucapkan “tolong” dalam meminta bantuan, mengucapkan salam dan berjabat tangan bila bertemu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya. Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta Kemendikbud. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud. ....................... 2013. Pengembangan 5 Aspek kemampuan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud. Lexy J.Moleong. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Otib Satibi Hidayat. 2008. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka. Winda Gunarti. 2008. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar AUD. Jakarta: Universitas Terbuka. www.mahsun.net/2016/08/macam-macam-metodeketeladanan.html (diakses pada tanggal 02 Mei 2017, pukul 20:00 WIB) Asti Inawati. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untu Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 1 Lawrence Kholbergh. 1979. The claim to moral adequacy of a highest judgment. The journal of philosophy, Vol.70 No.18 stage of moral Machsunah, Yayuk Chayatun. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Pendidik (Studi Kasus Di Lbb Taman Pintar: Sahabat Sekolah Anak Lamongan). Journal Stkip Pgri Lamongan, Vol.1 No.2 Sabi'ati, Amin. 2016. Membangun Karakter Aud Dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Di Ra Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al Athfal: jurnal pendidikan Anak, Vol.2 No.4 William C Campbell, Frank J Cavico, Pedro F. Pellet, Bahaudin J. Mubtaja,. 2010. Applying Moral Development Literature And Aethnical Theories To Administration of Taxes In Kosovo, Internasional Business and Economics Research Journal, Vol. 9, No. 7 Hafsah Sitompul 2006 Metode Keteladanan dan Pembiasaan Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, No. 01 Januari 2016. Ariffiana Zelvi, 2017. Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kampung Gambiran Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta, Jurnal. Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 1 Tahun ke-6 2017, diakses September 2018. Muhammad Ali Saputra, (2014), Menanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di R.A. di Addariyah Kota Palopo, Jurnal. Diakses September, 2018.

Downloads

Published

2019-06-22