PEMEROLEHAN BAHASA AUD AUTIS PADA SEKOLAH EKSKLUSIF YANG INKLUSIF (STUDI DESKRIPTIF DI TALENTA KIDS SALATIGA)

Authors

  • Khoirul Bariyyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1813

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, AUD Autis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dini berkebutuhan khusus dan difokuskan pada anak usia dini penyandang autis. Subjek kajian dalam penelitian ini adalah anak usia dini penyandang autis di Sekolah Autis Talenta Kids Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data kualitataif melalui empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk menguji validitas data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa di Sekolah Autis Talenta Kids dilakukan melalui lima tahapan. Tahapan tersebut antara lain: 1) identifikasi kelainan pada anak autis, 2) terapi wicara yang dilakukan oleh para profesional bekerjasama dengan guru dan orang tua, 3) terapi message, 4) interaksi dengan teman sebaya, 5) interaksi dengan lingkungan sekitar sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwandi, Yosfan. 2005. Mengenal dan Membantu Penyandang Autisme, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoritik, Jakarta: Rineka Cipta. Ellen, Braten dan Felopolus Gretchen, 2004. Straight Talk about Psychological Testing For Kids. New York: Guilford, Emzir, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Cetakan Ke-2. Jakarta Utara: PT Rajagrafindo Persada. Ezmar dan Ramli, “Bahasa Anak Autis pada SLB Cinta Mandiri Lhoksumawe” Metamorfosa Volume II Nomor 2 Juli-Desember 2014, hlm. 1-18. Fadli, Syukron Ro’al dan Ma’rifatun Nisa, 2014. Perbedaan Pemerolehan Bahasa dan Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UIN SUKA. Handojo, 2008. Autisme pada Anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer. Hoedijono, Sulistiyawati. 2016. Alternatif Penyembuhan Anka Autis: Berikan Sentuhan Acupressure, Perhatikan Diet Glutein dan Kasein. fk.unair.ac.id diakses tanggal 19 Desember 2016. Ilahi, Mohammad Takdir. 2013. Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta, ArRuzz Media. Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Pamuji, 2007. Model Terapi Terpadu bagi Anak Autsme, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Robertson K., Chamberlain B., & Kasari C., “General Education Teachers’ Relationship with Included students with autism. Journal of Autism and Developmental Disorder, 33(2) 2003 hlm. 123-130. Santrock, John W. 2007.Child Development, Eleventh Edition, terj- Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti, Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga. Sastry, Anjali & Blaise Aguirre, 2014. Parenting Your Child with Autism: Practical Solutions, Strateges and Advice for Helping Your Family, terj- Yudi Santoso, Parenting Anak dengan Autisme: Solusi, Strateg, dan Saran Praktis untuk Membantu Keluarga Anda, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Smith, J. David. 2013. Inclusion, School for All Student, terj. Denis Ny. Enrica, Sekolah Inklusif: Konsep dan Penerapan Pembelajaran Cetakan V, Bandung: Nuansa Cendekia. Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, Suhartono, 2005. Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Widhiastuti, Setiati. 2007. Pola Pendidikan Anak Autis. Yogyakarta: CV Datamedia.

Downloads

Published

2019-06-22