IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3443Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw, Anak Usia DiniAbstract
Pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah salah satu dari model pembelajaran
kooperatif yang bisa diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak
usia dini yang melibatkan siswa untuk belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil
untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw, dicirikan oleh struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif, yang
melahirkan sikap ketergantungan yang positif diantara sesama siswa, penerimaan
terhadap perbedaan individu dan juga mengembangkan keterampilan bekerjasama dan
kolaborasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam
implementasi dari pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dilakukan pada
pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dikaji dengan metode deskriptif dan pendekatan
penelitian kajian pustaka (library research) sebagai tempat atau sumber acuan. Hasil dari
penelian ini menunjukkan adanya keberagaman dalam mengimplementasikan
pembelajaran model jigsaw ini diantaranya digunakan untuk matematika anak usia dini,
materi untuk kesehatan dan keselamatan anak usia dini, perkembangan kognitif anak
usia dini, dan juga untuk minat baca anak usia dini.
Downloads
References
Brody, C. M., & Davidson, N. (1998). Proffesional Development for Cooperative
Learning (p. 6). State University off New York Press.
Damayanti, A., Kurniati, E., & Mariyana, R. (2016). Meningkatkan Minat Baca Anak
Usia Dini dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Edukid, 13(2).
Hayati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha
Cendekia.
Ikawati, H. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 50–55.
Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-
Salam, 1(1), 96–102.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai Kurikulum
. Nizama Learning Center.
Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2021). Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan
Matematika Anak Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),
–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496
Priyanti, W., Lestari, L., & Samidi. (2013). Peningkatan Pengenalan Berhitung Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Pada Anak Kelompok B di TK
Aisyiyah 56 Baron Tahun 2011 / 2012. Jurnal UNS, 1(1).
Riah, Husnaini, N., & Astriya, B. R. I. (2020). Penerapan Metode Bercerita dan
Bernyanyi untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak di PAUD Mutiara
Islami Pagutan. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 58–
Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.
In Edisi kedua (2nd ed., pp. 1–418). Rajawali Pers.
Snow, C. E., & Hemel, S. B. Van. (2008). Early Childhood Assessment (Why, What,
and How) (p. 91). National Research Council.
Sumyadewi, N. L., Wirya, I. N., & Jampel, I. N. (2014). Penerapan Model
Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Kartu Angka
Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak TK Widhya Brata
Mengwi. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).
Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak.
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1063–1072.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.751
Sutiman, Wiyarsi, A., & Priyambodo, E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif
dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan
Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun II, 1, 51–64.
Trihantono, S. (2016). Implementasi Tipe Student Teams-Achievement Divisions
(STAD) Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Manajemen PAUD. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 15–23.
Yuniatari. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok , Sudut , Area , dan
Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 02(02), 35–57.












