IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurfaizah Nurfaizah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3443

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Model Jigsaw, Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah salah satu dari model pembelajaran
kooperatif yang bisa diterapkan dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak
usia dini yang melibatkan siswa untuk belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil
untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw, dicirikan oleh struktur tugas, tujuan dan penghargaan kooperatif, yang
melahirkan sikap ketergantungan yang positif diantara sesama siswa, penerimaan
terhadap perbedaan individu dan juga mengembangkan keterampilan bekerjasama dan
kolaborasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam
implementasi dari pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dilakukan pada
pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dikaji dengan metode deskriptif dan pendekatan
penelitian kajian pustaka (library research) sebagai tempat atau sumber acuan. Hasil dari
penelian ini menunjukkan adanya keberagaman dalam mengimplementasikan
pembelajaran model jigsaw ini diantaranya digunakan untuk matematika anak usia dini,
materi untuk kesehatan dan keselamatan anak usia dini, perkembangan kognitif anak
usia dini, dan juga untuk minat baca anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brody, C. M., & Davidson, N. (1998). Proffesional Development for Cooperative

Learning (p. 6). State University off New York Press.

Damayanti, A., Kurniati, E., & Mariyana, R. (2016). Meningkatkan Minat Baca Anak

Usia Dini dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw. Edukid, 13(2).

Hayati, S. (2017). Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Graha

Cendekia.

Ikawati, H. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 4(2), 50–55.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-

Salam, 1(1), 96–102.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (Sesuai Kurikulum

. Nizama Learning Center.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., & Cahaya, I. M. E. (2021). Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan

Matematika Anak Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1),

–292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496

Priyanti, W., Lestari, L., & Samidi. (2013). Peningkatan Pengenalan Berhitung Melalui

Model Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Pada Anak Kelompok B di TK

Aisyiyah 56 Baron Tahun 2011 / 2012. Jurnal UNS, 1(1).

Riah, Husnaini, N., & Astriya, B. R. I. (2020). Penerapan Metode Bercerita dan

Bernyanyi untuk Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak di PAUD Mutiara

Islami Pagutan. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 02(02), 58–

Rusman. (2018). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru.

In Edisi kedua (2nd ed., pp. 1–418). Rajawali Pers.

Snow, C. E., & Hemel, S. B. Van. (2008). Early Childhood Assessment (Why, What,

and How) (p. 91). National Research Council.

Sumyadewi, N. L., Wirya, I. N., & Jampel, I. N. (2014). Penerapan Model

Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Kartu Angka

Bergambar untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak TK Widhya Brata

Mengwi. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Suryaningsih, N. M. A., & Poerwati, C. E. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran

Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Perilaku Kesehatan dan Keselamatan Anak.

Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1063–1072.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.751

Sutiman, Wiyarsi, A., & Priyambodo, E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif

dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan

Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun II, 1, 51–64.

Trihantono, S. (2016). Implementasi Tipe Student Teams-Achievement Divisions

(STAD) Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Pemahaman

Konsep Manajemen PAUD. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 1(1), 15–23.

Yuniatari. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kelompok , Sudut , Area , dan

Sentra dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 02(02), 35–57.

Downloads

Published

2021-06-20