Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang intrumen asesmen perkembangan fisik motorik pada kelompok
B di TK Hasyim Asyari Surabaya menggunakan instrumen penilaian berupa checklist. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode observasi yang dilakukan langsung di TK
Hasyim Asyari Surabaya Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif naratif, penelitian
menguraikan secara detail peristiwa pada lapangan serta pengalaman peneliti melalui beberapa
teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di TK Hasyim
Asyari Surabaya masih menggunakan model pembelajaran model klasikal. Kegiatan yang
mendukung untuk perkembangan fisik motorik di TK tersebut menggunakan beberapa kegiatan
diantaranya menari, senam, ekstrakulikuler drumband, jalan sehat tiap minggunya, mewarnai,
kolase, dan kegiatan untuk merangsang motorik halus dan kasar pada anak.
Keywords
Article Details
References
- Fridani, Lara. (2014). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tangerang
- Selatan: Universitas Terbuka.
- Sujiono, Bambang. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan:
- Universitas Terbuka.
- Arumsari, Dwi, Andini. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. In
- Jurnal Media Of Teaching Oriented and Children (vol 4).
- Utsman. (2013). Pengembangan Model Instrumen Asesmen Pencapaian
- Pengembangan Fisik Motorik Pada Taman Kanak-kanak. : Jurnal
- Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (1) (2013).
- http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
- Naziah, Fitaqwin, Sara (2019). Pembelajaran Tari Jumpritan Untuk
- Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di Taman
- Kanak-Kanak Hasyim Asyari Surabaya. Dipublikasikan. Surabaya :
- Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
- Nurkamelia, (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar
- Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA
- Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Journal of
- Islamic Early Childhood Education vol 2 no 2. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN
- Nugraha, Ali. (2010). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas
- Pendidikan Indonesia.
- Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan .
- Yogyakarta : Nuha Medika.
- Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja
- Grafindo Persada.
- Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
- Jakarta: PT Indeks.
- Sit, Masganti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan:
- Perdana Publishing.
- Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak,
- Jakarta:Prenada Media Group.
- Warnadi, Enno. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6
- TAHUN MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK NEGERI PEMBINA ATU
- LINTANG KEC. ATU LINTANG KAB. ACEH TENGAH TA. 2016/2017.
- Dipublikasikan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
References
Fridani, Lara. (2014). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tangerang
Selatan: Universitas Terbuka.
Sujiono, Bambang. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan:
Universitas Terbuka.
Arumsari, Dwi, Andini. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. In
Jurnal Media Of Teaching Oriented and Children (vol 4).
Utsman. (2013). Pengembangan Model Instrumen Asesmen Pencapaian
Pengembangan Fisik Motorik Pada Taman Kanak-kanak. : Jurnal
Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (1) (2013).
http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Naziah, Fitaqwin, Sara (2019). Pembelajaran Tari Jumpritan Untuk
Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di Taman
Kanak-Kanak Hasyim Asyari Surabaya. Dipublikasikan. Surabaya :
Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Nurkamelia, (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA
Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Journal of
Islamic Early Childhood Education vol 2 no 2. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN
Nugraha, Ali. (2010). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan .
Yogyakarta : Nuha Medika.
Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja
Grafindo Persada.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT Indeks.
Sit, Masganti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan:
Perdana Publishing.
Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak,
Jakarta:Prenada Media Group.
Warnadi, Enno. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6
TAHUN MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK NEGERI PEMBINA ATU
LINTANG KEC. ATU LINTANG KAB. ACEH TENGAH TA. 2016/2017.
Dipublikasikan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.