Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang intrumen asesmen perkembangan fisik motorik pada kelompok
B di TK Hasyim Asyari Surabaya menggunakan instrumen penilaian berupa checklist. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode observasi yang dilakukan langsung di TK
Hasyim Asyari Surabaya Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif naratif, penelitian
menguraikan secara detail peristiwa pada lapangan serta pengalaman peneliti melalui beberapa
teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di TK Hasyim
Asyari Surabaya masih menggunakan model pembelajaran model klasikal. Kegiatan yang
mendukung untuk perkembangan fisik motorik di TK tersebut menggunakan beberapa kegiatan
diantaranya menari, senam, ekstrakulikuler drumband, jalan sehat tiap minggunya, mewarnai,
kolase, dan kegiatan untuk merangsang motorik halus dan kasar pada anak.

Keywords

instrument asesmen perkembangan fisik motorik

Article Details

How to Cite
Syafi’i, I., & Ilmayanti, A. F. F. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI KELOMPOK B DI TK HASYIM ASYARI SURABAYA. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 44–51. https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444

References

  1. Fridani, Lara. (2014). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tangerang
  2. Selatan: Universitas Terbuka.
  3. Sujiono, Bambang. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan:
  4. Universitas Terbuka.
  5. Arumsari, Dwi, Andini. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. In
  6. Jurnal Media Of Teaching Oriented and Children (vol 4).
  7. Utsman. (2013). Pengembangan Model Instrumen Asesmen Pencapaian
  8. Pengembangan Fisik Motorik Pada Taman Kanak-kanak. : Jurnal
  9. Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (1) (2013).
  10. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
  11. Naziah, Fitaqwin, Sara (2019). Pembelajaran Tari Jumpritan Untuk
  12. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di Taman
  13. Kanak-Kanak Hasyim Asyari Surabaya. Dipublikasikan. Surabaya :
  14. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
  15. Nurkamelia, (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar
  16. Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA
  17. Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Journal of
  18. Islamic Early Childhood Education vol 2 no 2. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN
  19. Nugraha, Ali. (2010). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas
  20. Pendidikan Indonesia.
  21. Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan .
  22. Yogyakarta : Nuha Medika.
  23. Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja
  24. Grafindo Persada.
  25. Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
  26. Jakarta: PT Indeks.
  27. Sit, Masganti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan:
  28. Perdana Publishing.
  29. Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak,
  30. Jakarta:Prenada Media Group.
  31. Warnadi, Enno. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6
  32. TAHUN MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK NEGERI PEMBINA ATU
  33. LINTANG KEC. ATU LINTANG KAB. ACEH TENGAH TA. 2016/2017.
  34. Dipublikasikan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.