PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN TARI KELOMPOK B DI TK HASYIM ASYARI SURABAYA

Authors

  • Imam Syafi'i Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Alya Fadila Fitri Ilmayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444

Keywords:

instrument asesmen, perkembangan fisik motorik

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang intrumen asesmen perkembangan fisik motorik pada kelompok
B di TK Hasyim Asyari Surabaya menggunakan instrumen penilaian berupa checklist. Penelitian
ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode observasi yang dilakukan langsung di TK
Hasyim Asyari Surabaya Penilitian ini merupakan penelitian deskriptif naratif, penelitian
menguraikan secara detail peristiwa pada lapangan serta pengalaman peneliti melalui beberapa
teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan di TK Hasyim
Asyari Surabaya masih menggunakan model pembelajaran model klasikal. Kegiatan yang
mendukung untuk perkembangan fisik motorik di TK tersebut menggunakan beberapa kegiatan
diantaranya menari, senam, ekstrakulikuler drumband, jalan sehat tiap minggunya, mewarnai,
kolase, dan kegiatan untuk merangsang motorik halus dan kasar pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fridani, Lara. (2014). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tangerang

Selatan: Universitas Terbuka.

Sujiono, Bambang. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Tangerang Selatan:

Universitas Terbuka.

Arumsari, Dwi, Andini. (2020). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. In

Jurnal Media Of Teaching Oriented and Children (vol 4).

Utsman. (2013). Pengembangan Model Instrumen Asesmen Pencapaian

Pengembangan Fisik Motorik Pada Taman Kanak-kanak. : Jurnal

Lembaran Ilmu Kependidikan 42 (1) (2013).

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK

Naziah, Fitaqwin, Sara (2019). Pembelajaran Tari Jumpritan Untuk

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di Taman

Kanak-Kanak Hasyim Asyari Surabaya. Dipublikasikan. Surabaya :

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nurkamelia, (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai di RA

Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Journal of

Islamic Early Childhood Education vol 2 no 2. http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN

Nugraha, Ali. (2010). Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas

Pendidikan Indonesia.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan .

Yogyakarta : Nuha Medika.

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja

Grafindo Persada.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Jakarta: PT Indeks.

Sit, Masganti. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Medan:

Perdana Publishing.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak,

Jakarta:Prenada Media Group.

Warnadi, Enno. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6

TAHUN MELALUI KEGIATAN TARI KREASI DI TK NEGERI PEMBINA ATU

LINTANG KEC. ATU LINTANG KAB. ACEH TENGAH TA. 2016/2017.

Dipublikasikan. Medan : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Downloads

Published

2021-06-20