MEDIA PEMBELAJARAN KAIN PERCA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4390Keywords:
Anak Usia Dini, Kreativitas Anak, Kain PercaAbstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan formal anak dengan usia 4-6 tahun. Usia tersebut sering dianggap usia anak menerima berbagai perngatahuan yang menjadi dasar perkembangan potensi anak (Golden age). Sayangnya, masih banyak masalah dalam proses pembelajaran, misalnya tingkat kreativitas anak rendah. Anak cenderung dituntut hanya mengerjakan tugas-tugas seperti membaca, menghitung, dan menulis. Kegiatan tersebut tentu tidak dapat meningkatkan kreatibvitas anak. Padahal pemanfaatan bahan seperti kain perca dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya peningkatan kreativitas anak menggunakan media pembelajaran kain perca. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Berdasarkan data dari 10 jurnal relevan, didaptakan bahwa terdapat peningkatan kreativitas anak usia dini melalui media pembelajaran kain perca.
Downloads
References
Anismadiyah, V., Putranto, I., Rahman, A. S., Noviiyanti, I., & Dewi, I. K. (2020). Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Aksesoris Motif Hiasan pada Pakaian dan Tas Sebagai Bentuk Peluang Usaha. Jurnal Lokabmas Kreatif, 1(1), 1–7.
Apridawati, Y. (2021). Pemanfaatan Kain Perca untuk Meningkatkan Perkembangan Kreativitas dalam Bermain Kolase pada Anak Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Atika Putri Metro Pusat pada Semester Ganjil Tahun 2017/2018. Jurnal Guru Indonesia, 1(6), 234–249.
Asnawati, Syukri, M., & Yuniarni, D. (2014). Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Bermain dengan Barang Bekas pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8), 1–8.
Astuti, Nisurti, I. W., Dharmayana, R., & Sasongko, N. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting, Menjahit, Mengombinasikan Media Kain Perca di PAUD IT Darussalam Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
Baroroh, A. (2012). Trik-trik Analisis Statistik dengan SPSS15. PT Elex Media Komputindo.
Churnia, I., & Suhartini, R. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Pelatihan Pemanfaatan Kain Perca sebagai Produk Kerajinan. E-Journal, 10(1), 120–126.
Hanafi, S. H., & Sujiwo. (2015). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Barang Bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215–225.
Hasnawati, & Brantasari, M. (2017). Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Kegiatan Menganyam Kain Perca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Muda Kersik Kec. Marangkayu Kab. Kutai Kartanegara. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 38–52.
Hayati, R. D., Wembrayarli, & Hadiwinarto. (2019). Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Melalui Kegiatan Menempel Kain Perca di Kelompok B2 TK Nur Fajri Desa Simpang Pino Kabupaten Bengkulu Selatan. Universitas Bengkulu.
Jannah, M. (2017). Pemanfaatan Kain Perca Batik Sebagai Media Pemebalajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.
Karo, S. I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Pembelajaran. Axiom, 7(1), 91–96.
Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksploarai Etnomatika pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Matematika Raflesia, 4(2), 164–179.
Nasiruddin, Zulkoni, A., & Panuta, S. (2015). Prmanfaatan Sabut Kelapa, Kain Perca, Dan Plastik Sebagai Bahan Campuran Batako. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 15(2), 1–16.
Nenggolan, R., Alim, M. L., & Joni. (2020). Analisis Penggunaan Mozaik dari bahan Kain Perca untuk Peningkatan Kreativitas. Journal of Education Research, 1(2), 120–124.
Nurhayati. (2012). Peningkatan Kreatifitas anak Usia Dini Bereksplorasi Melalui Koran Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisiyiyah 2 Duri. Jurnal Pesona Paud, 1(1), 1–10.
Nurjannah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaan Berbasis Media DIgital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0?: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitias pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “Cope,” 2(18), 41–47.
Purwanthari, A., Obed, A., Wildani, A., Firmansyah, A., & Sari, D. P. (2017). Pelatihan Pembuatan Bross dengan Bahan Dasar Kain Perca Desa Cangkringturi Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Abadimas Adi Buwana, 1(1), 9–14.
Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, M. (2020). Pemanfaatan Limbah Kain Perca untuk Mengambangkan Media Pembalejaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal SOLMa, 9(1), 167–175.
Putrihapsari, R., & Fauziyah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja: Sebuah Stufi Literatur. Visi?: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136.
Rahmawati, D. (2020). Pemanfaatan Kain Perca sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan kreativitasAnak Usia 5-6 Tahun di TK Darma Wanita. Universitas Jambi.
Salamah. (2021). Peningkatan KreativitasMelalui Kegiatan Menganyam dengan Media Kain Perca pada Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita. Jurnal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 63–72.
Sari, H. Y., Sasmiati, & Riswandi. (2018). Media dan Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Junal Pendidikan Anak, 4(1), 1–10.
Sujiono, Nuraini, Y., & Sujiono, B. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta.
Suparman. (2021). Meningkatkan Kreatifitas Anak pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mendongeng di Kelompok Bermain Al Furqan Karrang. Jurnal Edukasi Informal, 2(1), 126–131.
Wahyuningsih, D. D., & Asfuri, N. B. (2020). Pelatihan Pembuatan Aksesoris dari Limbah Kain Perca Oleh Ibu-Ibu Rumah Tangga Desa Blimbingan Baturan. Bernas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 186–190.
Zulaichah. (2014). Pengenalan Warna Melalui Media Kain Perca untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Anak Kelompok A TK Tunas Buana Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 1–10.












