STRATEGI GURU DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI DI PAUD AL-MADANI
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4431Keywords:
Strategi Guru, Evaluasi Pembelajaran, Bahasa InggrisAbstract
Perkembangan zaman saat ini menuntut adanya keterampilan-keterampilan individual pada diri seseorang, salah satunya yakni keterampilan bahasa asing. Mengembangkan keterampilan dan bakat merupakan salah satu dari tujuan pendidikan, terlebih jika hal ini diterapkan pada jenjang usia dini. Oleh karena itu, diharapkan sekolah dan guru dapat memfasilitasi baik dalam sarana prasarana dan juga proses pembelajarannya, seperti strategi dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Alat pengumpul data panduan wawancara, pedoman observasi, catatan lapangan, dokumen. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Teknik evaluasi hasil belajar pembelajaran bahasa Inggris, 2. Strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk anak usia dini, 3. Faktor pendukung pembelajaran bahasa Inggris adalah ketersediaan media pembelajaran bahasa Inggris yang telah disediakan oleh lembaga dan guru. 4. Faktor penghambat pembelajaran bahasa Ingris adalah karenakan bahasa Inggris bukan bahasa utama yang digunakan anak usia dini, 5. Guru mengamati proses pembelajaran dan menilai pekerjaan anak sebagai evaluasi.
Downloads
References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Prenada Media Group
Agustin, Vivin Nurul. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).Semarang: Journal of Elementary Education
Akdon. 2006. Strategic Managemen for Educational Management. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, Cetakan IV, Edisi Revisi.
Arikunto, S. 2009. Evaluasi Program Pendidikan – Pedoman Toeritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Bryson, J. M. 2001. Perencanaan Strategis bagi Organisasin sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cameron, L. 2010. Teaching Language to Young Leraners. Cambridge: CUP.
Eryani. (2014). Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Total Phsical Response Method pada Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok Autumn di TK Town For Kids Pontianak. Jurnal Pendidikan. Pontianak:Fkip Untan
Hadari Nawawi. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press
Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta:Aswaja Pressindo
Kadir & Hanun Asrohah (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta:Raja Grafindo Persada
Latif, Mukhtar, Dkk. (20013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini
Teori dan Aplikasi
Masduki. 2013. Studi Efektifitas Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Sekolah Dasar di Tempat-tempat Kursus Bahasa Inggris di Kabupaten Bangkalan. Prodi Sastra Inggris FISIB Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Pamator Volume 5 Nomor 1, April 2012.
Matthew B. Miles, A Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif; (Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta:UI Press
Mckay. P. 2007. Five-Minute Activities for Young Learners. London: Cambridge University Press
Morrison S George. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini(Suci Romadhona&Apri Widiatuti). Jakarta:PT.Indeks
Otto Beverly. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.edisi 3; (Tim Penerjemah Prenadamedia Group). Jakarta:Prenada Media Group
Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Republik Indonesia. 2005. StandarNasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.
Sadjaah Edja. (2005). Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Scott, W. A. 2006. Teaching English toChildren, New York: Longman Group UK Ltd.
Siti Aisyah, dkk. (2008). Pembelajaran Terpadu. Jakarta:Universitas Terbuka
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Suyanto K.E Kasihani. (2009). English for Young Learners. Jakarta:Bumi Aksara
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak
Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Dini Kelas Awal SD/MI. Jakarta:Kencana
Wiyani Ardi Novan & Barnawi. (2014) Format PAUD. Jogjakarta:Ar-ruzz Media 13 Yaumi Muhammad. (2013) Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenada Media Group












