Implikasi Pembelajaran Calistung Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v5i2.4439Keywords:
calistung, perkembangan bahasa, anak usia dini, implikasiAbstract
Sejak lahir manusia mengalami yang namanya pertumbuhan dan perkembangan, namun ada satu masa atau fase dimana pada fase tersebut biasanya dikenal dengan fase golden age. Pendidikan pada anak usia dini bisa dimulai sejak anak berusia 0-8 tahun. Pada pendidikan ini biasanya anak akan dijarkan bercalistung sejak dini. Calistung memiliki dampak bagi perkembangan bahasa anak baik dampak negative maupun dampak positif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak calistung bagi perkembangan bahasa anak. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dari penelitian ini ditemukan bahwasannya perkembangan bahasa dipengaruhi oleh usia dan juga perkembangan kognitif anak. Pada perkembangan bahasa anak ini menurut Mackey memiliki tahapan-tahapan yang berdasarkan tingkatan umur. Calistung adalah pembelajaran membaca, menulis dan menghitung, dimana pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran dasar yang perlu anak pahami sejak dini agar nantinya dapat mempermudah si anak dalam menerima pelajaran-pelajaran di masa yang akan datang. Calistung akan berdampak positif pada anak jika pembelajaran calistung itu tidak dipaksakan tapi akan berdampak negatif jika pembelajaran calistung dipaksakan kepada anak.
Downloads
References
Dyla Fajhriani. N, & Febriyeni Nasrul. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Dengan Menggunakan Metode Ahe Dan Implikasinya Terhadap Layanan Penguasaan Konten. Ed-Humanistics?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 638–644. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i1.704
Farikhah, S., & Ariestina, H. (2020). MENELISIK KURIKULUM PAUD?: KAJIAN FENOMENOLOGIS TERHADAP KECENDERUNGAN BELAJAR CALISTUNG DOI?: A . PENDAHULUAN Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) merupakan pendidikan pra sekolah sebelum jenjang pendidikan. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(20), 77–94.
Herry, W. (2019). Dinamika Anak Usia Dini. ALPRINT.
Idham, S. M. dan M. (2019). Teori Belajar Bahasa. SKUP.
Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Kurniawati, R. (2019). INIVASI PEMBELAJRAN (INOBEL) BAHASA INDNESIA. Graf Literature.
LRCB. (2020). Merangkai Literasi. Guepedia.
Mulyani, N. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Gava Media.
Murtie, A. (2013). Mengajari Anak CALISTUNG (membeca, menulis, berhitung) dengan Bermain: PANDUAN PRAKTIS UNTUK ORANG TUA. Gramedia Pustaka.
Mushlin, A. dkk. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap isu-isu menarik seputar AUD. MangkuBumi.
Rahayu, N. (2018). Learning of “Calistung” (Reading, Writing, and Calculating) for Early Childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 58–63. http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922
Wulansuci, G., & Kurniati, E. 2019. (2019). Pembelajaran Calistung ( Membaca , Menulis , Berhitung) Dengan Resiko Terjadinya Stress Akademik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 5(1), 38–44.












