PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v3i2.4675Keywords:
peran guru bimbingan dan konseling, sosial-emosional, anak usia diniAbstract
Bimbingan dan konseling anak di sekolah merupakan kegiatan yang diberikan pada anak untuk menjadi sebagai wadah dalam mengatasi tetapi juga tidak hanya untuk anak yang mengalami masalah saja. Salah satunya permasalah yakni kemampuan sosial emosional,. Kemampuan sosial emosional pada anak berbeda-beda tentunya dan sebagai seorang guru harus mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini. Jika ada seorang anak dalam kemampuan sosial emosionalnya rendah, maka guru bimbingan dan konseling harus memberi solusi atau arahan pada anak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam perkembangan sosial emosional pada diri anak berbeda-beda. Sehingga dalam peneleitian ini guru bimbingan dan konseling memberikanmetode bermain untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak. Dengan adanya bermain anak akan merasa senang dan dapat melakukan interaksi dengan teman sebayanya sehingga dapat memunculkan kemampuan sosial dan emosi anak.
Downloads
References
Hartono, Boy Soedarmadji. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Hurlock, Elizabeth B. (2014). Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga.
Musyarofah. Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016, Interdisciplinary Journal of Communication Volume 2, No.1, Juni 2017: h. 99-122
Nurmalitasari, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi .Vol.23 (2), hlm. 103-111.
Prayitno. (1997). Pelayanan Bimbingan dan Konseling SMU. Jakarta: Dirjen Dikti Diknas., h. 24
Riswani,. Amirah Diniaty. (2008). Konsep Dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: Suska Press. h. 5
Soerjono Soekanto, 2009:212-213, Peranan Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru, Rajawali Pers, Jakarta.
Susanto, Ahmad. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Kencana.
Syafaruddin, dkk. (2015). Pendidikan Prasekolah. Medan: Perdana Publishing.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo.
W.S. Winkel. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: P.T. Grasindo.
Yamin, Martinis dan Jamilah Sabri sanan. (2010). Panduan Pendidikan Anak usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Pers.












