MENINGKATKAN SISTEM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) BAGI GURU DI TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Yulidar Yulidar UPTD TK Negeri Pembina Pemali

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v3i2.4680

Keywords:

Sistem Belajar dari Rumah, Guru di TK Negeri Pembina Pemali

Abstract

Meningkatkan Sistem Belajar dari Rumah (BDR) Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak. Masalah yang didapat pada penelitian ini bagaimana upaya meningkatkan Belajar Dari Rumah Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pemali dan tujuan pada penelitian ini menjelaskan peningkatan Belajar Dari Rumah Bagi Guru di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Pemali. Metode yang digunakan pada penelitian ini pada penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Sekolah dalam rumpun penelitian kualitatif pada guru yang ada di Taman kanak-kanak Negeri Pembina Pemali tahun pelajaran 2020-2021. Terdiri dari dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil yang didapat: Guru di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Pemali sudah menguasai Aplikasi HP Android (Aplikasi Pembelajaran dari Rumah/Daring) dengan sangat mahir yang ditunjukkan inovasi-inovasi kegiatan pembelajaran saat melaksanakan proses pembelajaran, dan Kegiatan pembelajaran dari rumah (daring) dapat meningkatkan perkembangan dan hasil belajar anak khususnya anak di Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Pemali yang ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan perkembangan dan ketuntasan belajar anak dari Siklus 1 sampai  Siklus 2 yang mengalami peningkatan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Arrosyad, M. I., Ulfa, L. F., Mersy, M., Claudia, C., & Safitri, I. E. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kultur Sekolah di SD Negeri 5 Mendo Barat. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i1.1149

Fitroh, S. F., Tiara, D. R., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., & Madura, U. T. (2021). PENGARUH PROGRAM PARENTING BERBASIS E- LEARNING TERHADAP LITERASI ORANG TUA TENTANG SUGESTI POSITIF. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(April), 36–46.

Hidayat, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Nurul Azman Gunung Putri Bogor. Deiksis, 9(03), 385. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.953

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian.

Miyanti, I. N. (2021). BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN WHATSAPP. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 26–35.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). the Implementation Blended Learning Method Using Articulated Storyline in Class 4 Fraction Learning, Muhammadiyah Primary School, Pangkalpinang. Berumpun: International Journal of Social, Politics, and Humanities, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.33019/berumpun.v4i1.46

Nugroho, F., & Iqbal Arrosyad, M. (2020). Moodle Multimedia Development in Web-based Integrative Thematic Learning for Class IV Elementary Students. Cendekiawan, 2(1), 49–63. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i1.177

Srihartini, Y., & Pratami, M. L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. TARBIATUNA Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 1–21. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/tarbiatuna/article/view/219

Surayya, R. (2018). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Kesehatan. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75. https://doi.org/10.29103/averrous.v1i2.415

Suspahariati, & Susilawati, R. (2020). Penerapan Sistem WFH ( Work From Home ) dan Dampaknya terhadap Kinerja Staf dan Dosen Unipdu Jombang selama Pandemi Covid-19 Pendahuluan Perubahan-perubahan dari tahun ke tahun kerap dirasakan masyarakat dengan berbagai faktor penyebab . Pada awal 2020 ,. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 6(2), 229–240.

Syukur, A., Makleat, N., Studi, P., & Luar, P. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC - AUDITORY - VISUALIZATION - INTELLECTUALY ( SAVI ) DENGAN MEDIA PUZZLE DI PAUD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(April).

Widaningsih, E. (2018). Pendidikan Karakter Pada Taman Kanak Kanak Kenapa Tidak?? Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10335

Zahratur Rahma, S. F. (2021). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid-19. Yaa Bunayya, 5(1), 34–43.

Downloads

Published

2022-01-13