MENJAGA STABILITAS KESEHATAN MENTAL ANAK USIA DINI DI ERA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.4846Keywords:
Kesehatan Mental, Anak Usia Dini, dan New NormalAbstract
Permasalahan yang terjadi yakni terdapat orang tua hanya memperhatikan kesehatan fisik namun menyelepekan kesehatan mental anak pada saat new normal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh orang tua dalam memahami anak pada keadaan new normal. Hal ini bertujuan menjaga kesehatan anak baik itu Kesehatan fisik maupun Kesehatan mental. Orang tua tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja akan tetapi perlu juga menjaga kesehatan mental anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yakni wawancara, dokumentasi, dan observasi. Peneliti menggumpulkan data dengan berkunjung langsung ke TKIT Al-Umm Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam keadaan new normal ini orang tua harus menerapkan kebiasaan baru dan pemberian pemahaman pada anak untuk tidak keluar rumah tanpa protokol kesehatan, serta menjaga hidup bersih dan sehat. Untuk menanggulangi Kesehatan mental anak dengan cara menjaga ucapan dan kata-kata dalam berbicara dan memberikan contoh yang baik pada anak.
Downloads
References
Amini, Nur, Islam Negeri, Sunan Kalijaga, Perkembangan Intelligensi, and Anak Usia. 2020. “Jurnal Buah Hati.” 7(2):108–24.
Fitri, Mardi. 2020. “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MORAL PADA.” 3(1):1–15.
Latif, Muhammad Abdul, Erni Munastiwi, Deska Puspita, and Adinda Putri Amanah. 2020. “Analisis Total Quality Management (Tqm) Pada Pendirian Tk Islam Terpadu Mutiara Plus Banguntapan.” AWLADY?: Jurnal Pendidikan Anak 6(2):301. doi: 10.24235/awlady.v6i2.5783.
Lilianti, Lilianti, Wa Rosida, Adam Adam, Hasmira Said, Kabiba Kabiba, Arfin Arfin, and Junaidin Junaidin. 2021. “Manajemen Pembelajaran Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):7191–2200. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1151.
Mustajab, Mustajab, Hasan Baharun, and Lutfiatul Iltiqoiyah. 2020. “Manajemen Pembelajaran Melalui Pendekatan BCCT Dalam Meningkatkan Multiple Intelligences Anak.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1368–81. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.781.
Mutiani, Ria, and Suyadi. 2020. “Diagnosa Diskalkulia Generasi Alpha: Masalah Dan Perkembangannya.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4(1):104–12.
Na’imah, Nurul Fadlilah, Azizah, and Sylviarini Suryawidarti. 2021. “Strategi Reward and Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru Paud.” JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan 4(1):88–94.
Na’imah, Ulfa. 2020. “Aulad?: Journal on Early Childhood Peran Keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.” 3(1):20–28. doi: 10.31004/aulad.v3i1.46.
Syahrul, Syahrul, and Nurhafizah Nurhafizah. 2021. “Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19.” Jurnal Basicedu 5(2):683–96. doi: 10.31004/basicedu.v5i2.792.
Ulfa, Mutia, and Erni Munastiwi. 2020. “Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1):26–37.
Ulfadhilah, Khairunnisa. 2021. “Implementasi Layanan Kesehatan , Gizi , Dan Perawatan Dalam Menanamkan Disiplin Hidup Sehat.” 9(1). doi: 10.21043/thufula.v9i1.10288.
Ulfadhilah, Khairunnisa, and Erni Munastiwi. 2021. “Parenting Program to Develop Social and Emotional Ability of Children with Special Needs During the Covid-19 Pandemic.” 8(1):33–40.
Wiretna, Claudy Desya, and Nanda Eka Saputra Wahyu. 2020. “Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi Untuk Mereduksi Perilaku Online Aggression.” Jurnal Pendidikan 5(2):19–23.
Yani, Ahmad, Ery Khaeriyah, and Maulidya Ulfah. 2017. “IMPLEMENTASI ISLAMIC PARENTING DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA AT-TAQWA KOTA CIREBON.”
Yuwono, Wisnu. 2020. “Konseptualisasi Peran Strategis Dalam Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Pendekatan Systematic Review.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1419–29. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.663.












