STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SENI TARI ANAK USIA DINI DI PAUD CERIA DESA REMPUNG LOMBOK TIMUR

Authors

  • Nada salwa Universitas Islam Negeri Mataram
  • Jumrah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Rifki Ayu Rosmita Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v4i1.5186

Keywords:

Strategi Guru, Bakat Tari, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengembangkan bakat tari anak usia dini dan kendala yang di hadapi dalam mengembangkat bakat tari anak usia dini di PAUD Ceria Desa Rempung. Di PAUD Ceria Desa Rempung anak-anak yang memiliki bakat tari dapat tersalurkan dengan optimal, dapat dilihat dari piala yang didapatkan dari hasil lomba yang diikuti oleh anak-anak PAUD Ceria Desa Rempung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: strategi yang digunakan dalam mengembangkan bakat tari anak menyediakan sarana dan prasarana tari, memberikan hadiah/reward, menyediakan kostum sesuai dengan tema tari, menciptakan gerakan yang menarik dan sederhana, menggunakan alat peraga, memilih lagu yang menarik bagi anak, mengadakan lomba dengan sekolah-sekolah lain, dan guru memiliki bakat tari. Adapun kendala yang dihadapi dalam mengembangkan bakat tari anak usia dini di PAUD Ceria Desa Rempung yaitu tidak ada dorongan bereksplorasi, tidak boleh berimajinasi, orang tua yang overprotektif, orang tua yang kekurangan ekonomi, dan faktor dari anak itu sendiri.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Waluyo Hadi, Pendidikan Seni Drama. Semarang: Aneka Ilmu, 1998.

Giyartini, Rosarina, Tari Kreatif: Konsep Pembelajaran di Sekolah Dasar dari Anak, Oleh Anak, dan Untuk Anak. Tesis Sekolah Pascasarjana Program Studi Pendidikan Seni Tari UPI Bandung, 2007.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT bumi aksara, 2014.

Nawawi, dkk, Instrumen Penelitian Sosial. Yogyakarta: UGM Perss, 1991.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011.

Sinta Kartika, dan, Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Vol. 7, No. 1. hlm. 114-116.

Nulatifah Syari, Kostum Tari Indhel Dengan Sumber Ide Sesenteng, Skripsi, Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Universitas Negeri Yogyakarta. 2011.

Margareta Dwi Kristiani, Tugas Wajib III Merangkum, Universitas Terbuka. hlm. 2.

Sediyawati dan Tari, Tinjauan dari Berbagai Segi. PT. Dunia Pustaka Jaya: Jakarta, 2001.

Annisa Afani, Kenali 13 Karakteristik Anak Usia Dini Demi Mendukung Perkembangannya,dalam https://www.haibunda.com/parenting/20201014183433-61-167261/kenali-13-karakteristik-anak-usia-dini-demi-mendukung-perkembangannya, diakses pada 11 Mei 2022, pukul 16.43.

Downloads

Published

2022-08-02