PROBLEMATIKA PENDIDIK YAYASAN PORTAL MUALLIM DI LOMBOK UTARA DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI

Authors

  • Hoirul Anam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suwadi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v4i2.6166

Keywords:

Problemtika, pendidik, portal muallim, during

Abstract

Artikel ini, disusun agar dapat membahas pada problematika yang dihadapi oleh tenaga pendidik pada yayasan Poratal Muallim Lombok Utara dalam menerapkan pada metode pembelajaran daring pada masa Covid-19. Metode pembelajaran during merupakan sebuah bentuk upaya, agar dapat mencegah pada penularan Covid-19. Pembahasan pada artikel ini terdapat pada beberapa hal yang meliputi pada biografi singkat pada yayasan Portal Muallim, konsep pendidik, dampak Covid-19, problematika pendidik pada yayasan Portal Muallim. Metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu metode yang langsung terjun pada lapangan untuk menggali pada subjek penelitianya. Data yang digunakan oleh penulis terdapat dua bagian, yang meliputi pada data primer yang langsung didapat pada sumber penelitian dengancara mewancarainya. Kedua data sekunder yaitu data digunakan sebagai pelengkap pada data primer, data ini meliputi pada jurnal, buku. Hasil dari penelitian ini, tentang probelamtika pendidik pada yayasan Portal Muallim saat menerapkan pada metode pembelajaran during terdapat lima hal yaitu, sarana prasarana, kurangnya pemahaman bagi orang tua terhadap teknologi, ketidaksiapan guru dalam menerapkan metode daring, jaringan, kesulitan dalam mengambil perhatian anak-anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Di, T., & Limapuluh, K. (2020). Pembelajaran Daring Pada Anak Usia.

Djumiko, D., Fauzan, S., & Jailani, M. (2020). Panduan Kepala Sekolah Untuk Mengelola Sekolah Pada Masa Pandemic Covid-19. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 56–69. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1701

Wawancara dengan H. Mudip Q.H S.H, pada tanggal 1 November 2022.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Khairul Anam, A. (2020). Pendidik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, 16(1), 86–94.

L. J, M. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Linschoten, J., & Mansyur. (1983). Pengantar ilmu jiwa?: fenomenologi. Jemmars.

Masyah, B. (2020). Pandemi Covid-19 Terhadap Kesehatan Dan Psikososial. Jurnal Keperawatan, 2(8), 353–362. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35963/mnj.v2i7.180

Mudjono, & Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Ningsih, S. R. (2021). IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ( SMK ). JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, 5(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.35145/joisie.v5i1.1307

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181

Permata Sari, Q. I. (2021). Strategi Kampanye Dalam Jaringan Pasangan Calon Wali Kota Solo Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Analisa Sosiologi, 10, 19–40. https://doi.org/10.20961/jas.v10i0.47637

Raikhan. (2019). Inovasi dan Difusi Sistem Pendidikan Nasional; Studi Kasus Implementasi Kurikulum Nasional Raikhan. Society, 2(1), 1–19. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/329

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 328–338. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1817

Redmon Windu Gumati. (2020). Inovasi Pendidikan dalam Efektivitas Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(4), 264–279. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.47

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Rzki, F. A. (2021). Problematika Guru dan Siswa di Masa Pandemi. Nuvoices.or.Id. https://nuvoices.or.id/problematika-guru-dan-siswa-di-masa-pandemi/

Sada, H. J. (2015). pendidik dalam perspektif al quran. 6, 93–105.

Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran praktikum kimia pada masa pandemi covid-19?: qualitative content analysis kecenderungan pemanfaatan teknologi daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajaran., 14(2), 144–161. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.28297

Sari, R. K. (2021). Identifikasi Penyebab Ketidakpatuhan Warga Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 3M Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 84–94. http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1354

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 89–95. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i2.4238

Sholichin, M., Zulyusri, Z., Lufri, L., & Razak, A. (2020). Analisis Kendala Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Bayung Lencir. Biodik, 7(2), 163–168. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12926

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). ALTERNATIF SOLUSI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI RESIKO PENURUNAN CAPAIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA PANDEMIC COVID 19 (STUDI KASUS ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN) 1Novita. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 80–90. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3272

Wawancara dengan Ibuk Nur Jannah, pada tanggal 2 November 2022.

Wawancara dengan Ibuk Pajrina, pada tanggal 2 November 2022.

Wawancara dengan ibuk Siti Rohmah, pada tanggal 1 November 2022.

Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242–248. https://doi.org/http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1689/836

Downloads

Published

2022-12-10