Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD

Authors

  • Nur Azziatun Shalehah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7139

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek selaras dengan konsep pembelajaran yang dicetuskan oleh John Dewey, dimana anak akan mengkonstruksi pengetahuannya secara mandiri dalam proses belajar yang dikemas dalam kegiatan proyek. Saat ini, model pembelajaran berbasis proyek menjadi bagian integral dari kurikulum merdeka dan erat kaitannya dengan konsep merdeka belajar yang memberikan keluwesan belajar pada peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk membahas secara mendalam bagaimana pembelajaran berbasis proyek, khususnya di jenjang PAUD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran berbasis proyek menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung konsep “merdeka belajar” pada peserta didik yang dapat menstimulasi bagaimana cara peserta didik berpikir kritis, mandiri, kolaboratif, hingga pada kemampuan memecahkan masalah, sehingga peserta didik akan lebih siap menghadapi tantangan di zamannya dan kehidupan nyata di masyarakat. Proyek Penguatan Pofil Pelajar Pancasila juga menjadi inovasi dalam kurikulum merdeka, mencakup 6 dimensi, meliputi (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; (2) mandiri; (3) bergotong-royong; (4) berkebinekaan global; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif .

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Azziatun Shalehah, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

 

 

 

References

Aghnaita, A., Norhikmah, N., Aida, N., & Rabi’ah, R. (2022). Rekonstruksi Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Melalui Konsep “Jati Diri.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3253–3266. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2071

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912

Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, W., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660

Berhitu, M., Rehena, J. F., & Tuaputty, H. (2020). The Effect of Project-Based Learning (PjBL) Models on Improving Students’ Understanding of Concepts, Retention, and Social Attitudes. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2), 143–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5947

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Ejournal UPI, 19(2), 213–226.

Farida. (2017). Implementasi Manajemen Pembelajaran dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SD IT Baitul Jannah Bandar Lampung (UIN Raden Intan Lampung). UIN Raden Intan Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/242/

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21): a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 23(1), 25–41. https://doi.org/10.1080/13540602.2016.1203772

Hamidah, H., Rabbani, T. A. S., Fauziah, S., Puspita, R. A., Gasalba, R. A., & Nirwansyah. (2020). HOTS-Oriented Module: Project Based Learning (1st ed.). Retrieved from http://www.qiteplanguage.org/

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., … Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka (Ke-1). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277.

Lokey-Vega, A., Williamson, J., & Bondeson, K. (2018). A Lesson Structure and an Instructional Design Model for Project-Based Online Learning. Journal of Online Learning Research, 4(3), 327–345. Retrieved from http://www.learntechlib.org/

Muis, A., & Dewi, L. (2021). Day Care Management Course Design Based on OBE and PjBL for Teacher Education of Early Childhood Education Program. Jurnal Inovasi Kurikulum, 18(2), 128–140.

Nugraha, Ali, Rudianto, Dadang Sukirman, and Supriyani Burhanuddin. 2021. “Kurikulum Belajar TK,” 470.

Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadapHasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Rahmah, H. D., Ummah, L., Fauzia, S. A., Rahmadani, S., & Hasanah, L. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2516

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.

Ringotama, A. A., Setyaningsih, E., & Handayani, E. I. P. (2022). Preservice Teachers’ Perception on the Implementation of Online Project-Based Learning. Journal of Languages and Language Teaching, 10(4), 469. https://doi.org/10.33394/jollt.v10i4.5621

Safithri, R., Syaiful, S., & Huda, N. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 335–346. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.539

Sari, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547

Suhelayanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sumardyono, Priatna, N., & Anggraena, Y. (2016). Guru Pembelajar Modul Matematika SMP: Model Pembelajaran Matematika, Statistika dan Peluang. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Hak.

Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI, 15(1), 1–15.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2023-05-30