Pengembangan Media Ajar POP-UP Book untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v5i2.7699Keywords:
Media Pembelajaran, Pop-Up Book,Kecerdasan Interpersonal.Abstract
Periode anak usia dini disebut dengan golden agedimana pada rentang usia 0-6 tahun ini
daya serap anak akan lebih cepat. Saat usia tersebut anak mengalami pertumbuhan dan
perkembangan yang pesat sehingga mudah memberikan stimulasi untuk perkembangan
kepribadian dan kecerdasannya. Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh anak usia dini
adalah kecerdasan interpersonal. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan
interpersonal anak adalah dengan penggunaan media ajar berbasis buku cerita pop-up
book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak usia 4-5
tahun sebelum dan setelah penggunaan media pop-up book di Kober Melati. Tujuan
dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui peningkatan
kecerdasan interpersonal peserta didik kelompok A di Kober Melati melalui penggunaan
media ajar pop-up book. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadopsi
langkah-langkah penelitian dari Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa berusia 4-5
tahun di Kober Melati. Metode penelitian menggunakan metode penelitian dan
pengembangan dari Borg & Gall yang dibatasi menjadi 6 tahap yaitu potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan ujicoba produk.
Berdasarkan penelitian, nilai rata-rata saat pretest 1,8 dengan presentase 45,5%.
Sedangkan nilai rata-rata posttest 3,22 dengan presentase 83%. Hal ini berarti
penggunaan media pop-up bookdapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia
4-5 tahun di Kober Melati.
Downloads
References
Anam;romaelah, S. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 1707–1715.
Bachtiar, M. Y., Herlina, H., & Ilyas, S. N. (2022). Model Bermain Konstruktif untuk
Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak TK. Jurnal Obsesi?: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2802–2812.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2013
Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam
Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86.
Erik, Badroeni, Eva, Erna, Nika, Mira, Chitra, A. (2021). MULTIPLE
INTELLIGENCES PADA ANAK USIA DINI TEORI DAN PRAKTIK
PENGEMBANGAN (1st ed.). YK Publishing.
Fitriani, D., & Fauzy, T. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita
Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun)
Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak
Usia Dini, 2(1), 15. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177
Haryati, S. (2012). Research And Development( R & D ) Sebagai Salah Satu Model
Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.
Hayati, N., Muthmainah, M., & Wulandari, R. (2022). Peningkatan Keterampilan
Pembuatan Media Pop Up pada Pendidik PAUD. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1),
–67. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.49063
Juniarti, F., Jumiatin, D., & Ariyanto, A. A. (2019). Mengembangkan Kecerdasan
Interpersonal Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Ra Al
Hidayah Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1(5), 1.
https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p1 -6
Kata, R., Paud, G., Kabupaten, D. I., & Kata, R. (1867). Ruang kata. 1, 108–117.
Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal
melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186
Setyawan, D., Usada, & Mahfud, H. (2013). PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA Desta Setyawan 1) ,
Usada 2) , Hasan Mahfud 3).
Sinaga, R., & Doang, M. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak
melalui Metode Bermain. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 104–
https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.58
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.).
ALFABETA, cv.
Susiana. (2019). PENGARUH KEGIATAN BERMAIN DRAMA TERHADAP
KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA
KENJERAN SURABAYA Susiana TK Mutiara Kenjeran Surabaya Email?:
susiana1112@gmail.com PENDAHULUAN Anak usia dini memiliki ciri yang
khusus dalam menunjukkan jati. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan
Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 109–116.
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up
Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia?:
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44












