Upaya Meningkatkan Aspek Sosial-Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Gambar Bersambung di TK Al-Kausar
DOI:
https://doi.org/10.20414/iek.v5i2.8854Keywords:
Kata Kunci: Permainan gambar bersambung, aspek sosial-emosional, anak usia dini, interaksi sosial.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi upaya meningkatkan aspek sosial-emosional anak usia dini melalui permainan gambar bersambung pada TK Al-Kausar. Dengan pendekatan kualitatif studi kasus, penelitian ini melibatkan partisipasi anak usia 5-6 tahun, guru, dan orang tua di TK tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan gambar bersambung memberikan dampak positif terhadap interaksi sosial anak, kemampuan berkomunikasi, dan ekspresi emosional. Lingkungan sosial yang mendukung dan peran aktif guru serta orang tua memainkan peran krusial dalam kesuksesan implementasi permainan ini. Implikasi praktis penelitian ini menyoroti manfaat permainan tradisional dalam pembentukan karakter anak usia dini, menawarkan kontribusi penting terhadap pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini.
Kata Kunci: Permainan gambar bersambung, aspek sosial-emosional, anak usia dini, interaksi sosial.
Downloads
References
Abdurrahman, A. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698
Amelia, F. (2022). Change Think Journal. Change Think Jounal, 1(Perdagangan Internasional Booster Dalam Pertumbuhan Ekonomi), 151–157.
Atusholichah, A. B., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2022). MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL.
Ayunita, S., Khadijah, K., Harahap, E. F., & ... (2023). Penerapan Budaya Antri Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early …, 10, 239–246. https://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/view/493%0Ahttps://jurnal.insida.ac.id/index.php/atthiflah/article/download/493/263
Dabis, Y., & Juniarti, Y. (2019). Asesmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Undang-undang. Jambura, 1(2), 55–65.
Dhida, T. T. (2021). The effect of animation video learning media on social emotional development of early children. Early Childhood Education and Development Journal, 3(1), 47–58. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
IFADAH, Y. K. (2019). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK DHARMA WANITA DESA TOTOKAN KECAMATAN MLARAK KABUPATEN PONOROGO. In INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO (Vol. 1, Issue 1).
Iskandar, Y., Pasaribu, S. E., & Pramudya, M. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Dan Belajar Paud Nurussybyan Desa Cikelat. 3(3), 254–260.
Komariah, D. S. & A. (2014). Metodologi Penelitiaan Kualitatif. Alfabeta.
Marlinah, M., & Priyanti, N. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(20), 4135–4142. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1525
Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan Tantangan Kepala Sekolah PAUD dalam Mengembangkan Lembaga dan Memotivasi Guru untuk Mengikuti Program Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2624
Nur Laily, I., & Dwi Ade Chandra, R. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna?: Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679
Purwandari, E., Handayani, N., Agusta, O. L., Mabruria, A., & Haryanti, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) Melalui Metode Bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 47–55. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.11685
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
Raudhatul, D. I., & Ra, A. (1909). MELALUI PERMAINAN BOX ACTIVITY PADA KELOMPOK B. 1–8.
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310
Soleh, A. S. M., Musayyadah, M., & Farida, S. (2023). Implementasi Metode Karya Wisata Dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1), 46. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47899
Subekti, S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Bagi Anak Usia 4-5 Tahun Di TK. Jurnal Pakar Guru: Pembelajaran Dan Karya Guru, 2(2), 6.
Syafi’i, I., & Solichah, E. N. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, 5(02), 83–88. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3108












