Main Article Content

Abstract

Fenomena pada penelitian ini berupa perilaku bullying siswa di dunia pendidikan khususnya di Mts Putra Al-Ishlahuddiny. Bentuk perilaku bullying yang terjadi antar siswa Mts Putra Al-Ishlahuddiny seperti mengejek, memukul, menendang, menyuruh-nyuruh seperti penguasa, dan meminta uang secara paksa. Pendekatan dalam Penanganan yang diberikan oleh Guru BK dalam meminimalisir perilaku bullying siswa di Mts Putra Al-Ishlahuddiny dengan pendekatan konseling Analisis Transaksional dan Konseling Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pelaku bullying memiliki kesadaran akan kesalahannya sehingga perilaku bullying berkurang.

Keywords

Konseling Islam, Konseling Analisis Transaksional, Bullying

Article Details

How to Cite
Hadi, S., & Zohriana, H. (2020). PENANGANAN PERILAKU BULLYING TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DAN KONSELING ISLAM DI MTS PUTRA AL-ISHLAHUDDINY. Al-Tazkiah : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 9(1), 56-66. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v9i1.2218

References

Amin, Samsul Munir. Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah, 2010.
Corey, Gerald. Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama, 2010.
Herawati, Novi & Deharnita, Gambaran Faktor-faktor Penyebab terjadinya Perilaku Bullying pada Anak. Jurnal Keperawatan, Volume 15, No 1, Maret 2019.
Hikmawati, Fenti. Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Januarko, Wahyu dan Setiawati, Denok. Studi Tentang Penanganan Korban Bullying pada Siswa Se-Kecamatan Trawas. Jurnal BK UNESA. Nomor 2 Volume 4, 2013
Junita et.al, Kondisi Emosi Pelaku Bullying (Studi Kasus pada Siswa kelas VIII di SMP Diponegoro 1 Jakarta), Insight Jurnal. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Volume 4, No. 2, 2015.
Jones, Richard Nelson. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Mahmudi, Ibnu, Perilaku Bullying dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islam, Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 02, No.02, 2012.
Maepin, Ni Kadek dkk. Penerapan Konseling Analisis Transaksional dengan Tehnik Role Playing untuk Meminimalisir Perilaku Bullying Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling. Nomor 1 volume 1, 2013.
Ningrum, Anindita Widya dkk. Studi Tentang Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto Serta Penanganannya oleh Guru BK. Jurnal BK UNESA. Nomor 1 Volume 6, 2016.
Priyatna, Andri. Let’s end Bullying: Memahami, Mencegah, dan Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Putri, Hertika Nanda dkk. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. JOM. Nomor 2 Volume 2 bulan Oktober, 2015.
Rahayu, Flourensia Sapty. Cyberbullying Sebagai Dampak Negatif. Jurnal Sistem Informasi. Nomor 1 volume 8, 2012.
Ramayulis. Bimbingan Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia, 2016
Siregar, Christian. Menyembuhkan Luka Batin dengan Memaafkan. Humaniora. Nomor 2 volume 3 bulan Oktober, 2012.
Usman, Irvan. Kepribadian, Komunikasi, Teman Sebaya, Iklim Sekolah dan Perilaku Bullying. Humanitas. Nomor 1 Volume 10 bulan Januari, 2013.
Yenes, Ilfajri, Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (studi deskriptif terhadap siswa SMP Negeri 3 Lubuk Pasung). Jurnal Konselor, Volue 05, No 2 Juni 2016.