Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga POPOKI (Pion – Pion Karir) untuk meningkatkan eksplorasi karir bagi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kuningan. Eksplorasi karir merupakan suatu keinginan individu dalam mencari informasi terhadap sumber informasi karir. Dengan demikian, untuk mendorong siswa dalam melakukan eksplorasi karir diperlukannya salah satu media yang inovatif. Maka media ular POPOKI (Pion – Pion Karir) tangga dipilih dan didesain untuk membantu siswa dalam melakukan eksplorasi karir. Spesifikasi komponen media ular tangga terdiri dari buku panduan, papan permainan, kartu permainan, dadu dan pion. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (RnD) model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menganalisis dan merumuskan kebutuhan siswa, perancangan produk yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta uji ahli untuk mengetahui kelayakannya. Uji ahli materi memperoleh hasil 80 yang termasuk dalam kategori baik, uji ahli media memperoleh 82,1 yang termasuk dalam kategori baik dan uji ahli layanan memperoleh 85 yang termasuk dalam kategori baik. Kemudian hasil rata – rata dari uji materi, uji media dan uji layanan memperoleh 82,36 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, media ular tangga POPOKI (Pion – Pion Karir) untuk meningkatkan eksplorasi karir bagi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuningan layak untuk digunakan.

Keywords

Eksplorasi Karir Media Ular Tangga

Article Details

How to Cite
BACHTIAR, I. H., & ROSADA, U. D. (2022). PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POPOKI (PION – PION) KARIR UNTUK MENINGKATKAN EKSPLORASI KARIR SISWA SMA NEGERI 1 KUNINGAN. Al-Tazkiah : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(1), 69–84. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v11i1.4332

References

  1. Alhadi, S., Supriyanto, A., dan Devita, A. M. D. (2016). Media in guidance and counseling services: a tool and innovation for school counselor. Indonesian Jounal of School Counseling, 6 – 11.
  2. Anwar, M.K. (2006). Pengembanan Buku Kerja Eksplorasi Karir Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Ali Maksum Bantul. Journal Bimbingan dan Konseling, 1 – 10.
  3. Candra, F. M. dan Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Kongruensi Karir Dengan Orang Tua dan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 7 Semarang. Jurnal Empati, 112 – 118.
  4. Dewanti, R. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Monopoli Pada Materi Prisma dan Limas Siswa Kelas VII SMP Katolik Angelus Costus 1 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 – 8.
  5. Glading, S.T. (2015). Konseling Profesi Menyeluruh. Jakarta: Indeks.
  6. Greenhaus, Jeffrey H. & Gerald A. Callanan. (2016). Encyclopedia Of Career Development. Thousand Oask: SAGE Publications, Inc.
  7. Hatinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.
  8. Hartono. (2016). Bimbingan Karier. Jakarta: Prenadamedia Group.
  9. Hidayati, Richma. (2015). “Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir”. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Vol. 1, No.1
  10. Hijri, S.F.F & Sari Zakiah Akmal. (2017). Eksplorasi Karir dan Kebimbingan Karir Siswa SMA di JABODETABEK. Journal Of Psychological Research. 128 – 139.
  11. Irfan., Jarkawi & Eka Sri Handayani. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 79 – 87.
  12. Khairun, D. Y., Melly, S.S., dan Anne, H. (2016). Layanan Bimbingan Karir Dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa 1 – 23.
  13. Lucy, Bunda. (2017). “Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills” JURNAL KONSELING GUSJIGANG. Vol, 3. No. 1.
  14. Marti’ah, S., Berta, D, T., dan Haryanto. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pilihan Karir Siswa. Journal SAP, 1 – 6.
  15. Murdiyanto, A., Edi, P., dan Komarudn. (2017). Pengembangan Layanan Informasi Berbasis Media Blog Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa di SMP Kota Magelang. Journal Bimbingan dan Konseling, 40 – 46.
  16. Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidkan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
  17. Narti, Sri. (2014) Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  18. Nur’aeni. (2012). Tes Psikologi: Tes Inteligensi dan Tes Bakat. Purwokerto: UM Purwokerto Press.
  19. Nursalim., Muhammad., dan Mustaji. (2010). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  20. Nurul, Ratnaningsih N. (2014). Penggunaan Permainan ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nogoputro Sleman. Skripsi (Tidak Diterbitkan). UNY.
  21. Nugroho, A. P., Trustho Raharjo., dan Daru Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 - 11.
  22. Nurihsan, A Juntika (2007). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.
  23. Purwanta, E. (2012). Upaya Meningkatkan Eksplorasi Karir Anak Berkebutuhan Khusus. Journal Bimbingan dan Konseling. PSIKOPEDAGOGIA, 1 – 14.
  24. Prayitno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Psikopedagogia, 1 – 8.
  25. Prayitno. (2007). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.
  26. Prosiding Seminar Nasional STKIP Kusuma Negara. Rainah. (2016). Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Matematika Materi Bagan Dasar Melalui Penggunaan Alat Peraga Sirkuit. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan. No. 4. Vol. 3.
  27. Rahmawati D.C., Evayenny & Risky Dwiprabowo. (2019). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga pada Mata Pelajaran IPS Materi Peristiwa Penjajahan Bangsa Indonesia. ISSN 2716-0157.
  28. Rifa, Iva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbook. Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  29. Suherman, Uman. (2011) Konseling Karir Sepanjang Rentan kehidupan. Bandung Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
  30. Suherman, U. (2013) Konseling Karir Sepanjang Rentan kehidupan. Bandung: Rizqi Press.
  31. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  32. Sukmadinata. dan Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  33. Sukardi, D. K, & Kusmawati, N. (2008) Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  34. Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: ALFABETA.