Main Article Content
Abstract
Abstrak : Kepercayaan diri memiliki peran penting untuk menjadi pendorong dalam kesuksesan setiap orang. Percaya diri adalah sikap yang penuh dengan keyakinan atas kemampuan diri sendiri dan menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada. Percaya diri dapat menimbulkan sikap-sikap positif dalam diri, maka rasa percaya diri perlu ditingkatkan pada diri remaja melalui perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Dalam mengumpulkan data, peneliti juga melakukannya melalui angket yang dikembangkan sendiri. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok berdasarkan perspektif Islam dapat meningkatkan kepercayaan diri pada remaja di Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Medan. Penerapan konseling kelompok telah dilakukan melalui bentuk nilai-nilai Islam, sehingga para remaja dapat menunjukkan keberanian yang dimiliki dengan memperlihatkan kemampuan-kemampuannya dalam membaca al-Qur’an dan berpidato.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv.Syakir Media Press.
- Amri, S. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3(2):156–68.
- Anwar, M. Fuad. 2019. LANDASAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Yogyakarta: Deepublish.
- Aulia, Arina Rijki., Findriani Efa. 2018. “KERANGKA KONSEPTUAL KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM.” Al-Isyraq?: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam 1(2):25–36.
- Aya Mamlu’ah. 2019. “Konsep Percaya Diri Dalam Al-Quran Surat Al-Imran Ayat 139.” Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 01(01):30–39.
- Bukhori, Baidi. 2014. “Dakwah Melalui Bimbingan Dan Konseling.” KONSELING RELIGI?: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(1):6–9.
- Dewantari, Tri, Barep Hapit Surya, and Siti Zahra Bulantika. 2021. “Group Counseling With Assertive Training Techniques to Self Confidence Adolescents.” Jurnal Kependidikan?: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(1):35–41.
- Han, Eunice S., and Annie goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee. 2019. “BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif Sekolah.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
- Hapasari, Aulia, and Emiliana Primastuti. 2014. “Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya.” Psikodimensia 13(1):60. doi: 10.24167/PSIKO.V13I1.278.
- Hidayati, Sif’atur Rif’ah Nur, and Siti Ina Savira. 2021. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Penelitian Psikologi 8(03):1–11.
- Hulukati, Wenny. 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing.
- Kusuma, Rudy Hadi. 2020. KONSELING KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI PESANTREN?: Layangan Untuk Meningkatkan Pengaturan Diri Santri. Palembang: Bening Media Publishing.
- Lubis, Namora Lumongga. 2016. KONSELING KELOMPOK. Jakarta: Kencana.
- Mustofa, Ahmad, and Yusuf Arisandi. 2021. “Konsep Percaya Diri Perspektif Al- Qur ’ an.” Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 1(1):19–41.
- Perdana, Fani Juliyanto. 2019. “PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR.” Edueksos 8:70–87.
- Perry, Martin. 2006. Confidence Boosters Pendongkrak Kepercayaan Diri. Indonesia: Erlangga.
- Ramadhan, Cahyo Setiadi, and Siti Bahiroh. 2021. “Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Tentang Nilai-Nilai Religiusitas Islam Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Kelompok.” Islamic Counseling?: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(1):15. doi: 10.29240/jbk.v5i1.2051.
- Reska. Sofah, Rahmi. Gani, Syarifuddin. n.d. “APLIKASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS.” 23–34.
- Riyanti, Chika, and Rudi Saprudin Darwis. 2021. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7(3):569. doi: 10.24198/jppm.v7i3.32150.
- Rohani, Imam., and dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam Untuk Difabel. Yogyakarta: Gestalt Media.
- Secer, Ismail., Sirri Akbaba., and AY Ismail. 2014. “The Effect of Group Counseling Program on 8th Grade Students’ Assertiveness Levels.” Gaziantep University Journal of Social Sciences 13(1):245–57.
References
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Cv.Syakir Media Press.
Amri, S. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3(2):156–68.
Anwar, M. Fuad. 2019. LANDASAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM. Yogyakarta: Deepublish.
Aulia, Arina Rijki., Findriani Efa. 2018. “KERANGKA KONSEPTUAL KONSELING KELOMPOK BERBASIS ISLAM.” Al-Isyraq?: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam 1(2):25–36.
Aya Mamlu’ah. 2019. “Konsep Percaya Diri Dalam Al-Quran Surat Al-Imran Ayat 139.” Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman 01(01):30–39.
Bukhori, Baidi. 2014. “Dakwah Melalui Bimbingan Dan Konseling.” KONSELING RELIGI?: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(1):6–9.
Dewantari, Tri, Barep Hapit Surya, and Siti Zahra Bulantika. 2021. “Group Counseling With Assertive Training Techniques to Self Confidence Adolescents.” Jurnal Kependidikan?: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7(1):35–41.
Han, Eunice S., and Annie goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee. 2019. “BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif Sekolah.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Hapasari, Aulia, and Emiliana Primastuti. 2014. “Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya.” Psikodimensia 13(1):60. doi: 10.24167/PSIKO.V13I1.278.
Hidayati, Sif’atur Rif’ah Nur, and Siti Ina Savira. 2021. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya.” Jurnal Penelitian Psikologi 8(03):1–11.
Hulukati, Wenny. 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing.
Kusuma, Rudy Hadi. 2020. KONSELING KELOMPOK BERBASIS NILAI-NILAI PESANTREN?: Layangan Untuk Meningkatkan Pengaturan Diri Santri. Palembang: Bening Media Publishing.
Lubis, Namora Lumongga. 2016. KONSELING KELOMPOK. Jakarta: Kencana.
Mustofa, Ahmad, and Yusuf Arisandi. 2021. “Konsep Percaya Diri Perspektif Al- Qur ’ an.” Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam 1(1):19–41.
Perdana, Fani Juliyanto. 2019. “PENTINGNYA KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI SOSIAL DALAM KEAKTIFAN MENGIKUTI PROSES KEGIATAN BELAJAR.” Edueksos 8:70–87.
Perry, Martin. 2006. Confidence Boosters Pendongkrak Kepercayaan Diri. Indonesia: Erlangga.
Ramadhan, Cahyo Setiadi, and Siti Bahiroh. 2021. “Pemahaman Guru Bimbingan Konseling Tentang Nilai-Nilai Religiusitas Islam Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling Kelompok.” Islamic Counseling?: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 5(1):15. doi: 10.29240/jbk.v5i1.2051.
Reska. Sofah, Rahmi. Gani, Syarifuddin. n.d. “APLIKASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA KELAS XI IPS SEKOLAH MENENGAH ATAS.” 23–34.
Riyanti, Chika, and Rudi Saprudin Darwis. 2021. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Remaja Dengan Metode Cognitive Restructuring.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7(3):569. doi: 10.24198/jppm.v7i3.32150.
Rohani, Imam., and dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam Untuk Difabel. Yogyakarta: Gestalt Media.
Secer, Ismail., Sirri Akbaba., and AY Ismail. 2014. “The Effect of Group Counseling Program on 8th Grade Students’ Assertiveness Levels.” Gaziantep University Journal of Social Sciences 13(1):245–57.