Main Article Content

Abstract

Dengan berkembangnya zaman, kemampuan manusia juga menunjukkan peningkatan dengan terciptanya alat-alat canggih yang mendukung pembuatan film maupun drama. Hasilnya saat ini tak hanya bisa dinikmati melalui TV saja, namun drama ataupun film bisa akses melalui smartphone. Drama dari negara Korea menjadi salah satu drama yang memiliki daya tarik yang tinggi di berbagai negara. Drama Korea saat ini juga digemari oleh para pelajar ataupun mahasiswa. Dalam hal ini drama Korea juga dapat mempengaruhi kondisi psikologis. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja kondisi psikologis mahasiswa yang dapat terpengaruh dengan adanya drama Korea yang semakin berkembang dan populer dikalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan Single Subject. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa drama Korea memiliki pengaruh terhadap kondisi psikologis mahasiswa karena mahasiswa merupakan fase remaja menuju dewasa awal, yang mana dalam fase tersebut mahasiswa masih dalam proses pencarian jati diri.

Keywords

Korean Drama; Start Up Psikis Korean Wave Konseling kelompok

Article Details

How to Cite
AMRIANA, MUNIR, M., & FANAN, M. A. (2022). DAMPAK DRAMA KOREA START UP TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS MAHASISWA PRODI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM UIN SUNAN AMPEL SELAMA PANDEMI. Al-Tazkiah : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v11i1.5226

References

  1. Apsari, Luvita, Marina Dwi Mayangsari, and Neka Erlyani. "Pengaruh perilaku modeling pada tayangan drama Korea terhadap citra diri remaja penggemar drama Korea." Jurnal Ecopsy 3, no. 3 (2016): 144-148.
  2. Fitri, Diana Annisa. "Pengaruh drama Korea terhadap karakter Mahasiswa PAI (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)." Skripsi, 2019: 101.
  3. Fitri, Rizky Elsa. "Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Penggemar Drama Korea." Skripsi, 2018: 1-9.
  4. Hartoni, Deni. "Dinamika Psikologis Janda Berusia Remaja Di Kelurahan Sungai Medang Kecamatan Cambai Kota Prabumulih." Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang., 2020: 17-18.
  5. Hartono, and Boy Soemardji. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana, 2015.
  6. Janastri, Worohayun. "Kecenderungan menonton drama Korea terhadap kecenderungan body dysmorphic disorder pada mahasiswi psikologi UMS." Skripsi, 2022: 1-19.
  7. Linda Sari, D., Ramadhani, N. ., Sukistianingsih, R. ., Noviyati, S., & Usep Suhud. "Investigasi Peran Interesting Storyline, Sociability, Learning, Entertainment, dan Escape: Akankah Mempengaruhi Intention of Watching Drama Korea di Masa Pandemi?" Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan 2, no. 3 (2021): 649-664.
  8. Melfianora. "Penulisan karya tulis ilmiah dengan studi literatur." Open Science Framework 12, no. 1 (2019): 14-26.
  9. Nurnaini, Kurnia. " Motivasi berprestasi mahasiswa peyandang tunadaksa." Undergraduate thesis , UIN Sunan Ampel Surabaya, 2014: 18.
  10. Putri, Prasta Wahyu. "Analisis faktor prokrastinasi akademik: studi pada mahasiswa psikologi angkatan 2009 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang." Undergraduate thesis, 2013: 15.
  11. Tsaniyyata, Nuris Kuunie Maryamats. "Pengaruh Minat Menonton Drama Korea Terhadap Kecenderungan Narsistik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi." Jurnal Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2014: 36.