Main Article Content
Abstract
Penyesuaian diri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Individu yang tidak dapat melakukan
penyesuaian diri terhadap perubahan yang ada, maka akan rentan dengan sikap maladaptive, sedangkan individu yang bisa melakukan penyesuaian diri akan cenderung bersikap adaptif atau mampu melakukan proses penyesuaian diri dengan normal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk, langkah-langkah dan proses penyesuaian diri mahasiswa dalam belajar. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk-bentuk penyesuaian diri mahasiswa antara lain penyesuaian diri adaptasi, konformitas dan penguasaan, 2) langkah-langkah penyesuaian diri ditunjukkan dengan mampu menghadapi masalah secara langsung, melakukan eksplorasi, trial and error dengan mencari pengganti dan belajar, 3) modelmodel proses penyesuaian diri dalam belajar ditunjukkan dengan sikap kemampuan mahasiswa menerima dan menilai kenyataan lingkungan diluar dirinya secara objektif, bertindak sesuai dengan potensi yang dimiliki, bertindak secara dinamis, luwes dan tidak kaku, bertindak dengan potensi-potensi positif yang layak dikembangkan, memiliki rasa hormat terhadap sesama, bertindak secara terbuka, bertindak sesuai dengan norma yang berlaku, dan memiliki rasa percaya diri terhadap diri sendiri dan lingkungannya.
Keywords
Article Details
References
- Prayitno, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, ( Jakarta : PT Rineka Cipta, 2009)
- Nurihsan, Juntika Achmad, Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. (Bandung : PT Refika Aditama, 2009)
- Beck, A. T., Thinking and Depression: II. Theory and Therapy, (Archives of General Psychiatry, 1964)
- Oemarjoedi, A. Kasandra, Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi, (Jakarta: Kreativ Media, 2003)
- Matson & Ollendick,Enhancing Children’s Social Skill: Assessment and Training, (New York: Pergamon Press)
- McLeod, John, Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus, terj. A.K. Anwar, ( Jakarta: Kencana, 2006)
References
Prayitno, Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling, ( Jakarta : PT Rineka Cipta, 2009)
Nurihsan, Juntika Achmad, Bimbingan Dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. (Bandung : PT Refika Aditama, 2009)
Beck, A. T., Thinking and Depression: II. Theory and Therapy, (Archives of General Psychiatry, 1964)
Oemarjoedi, A. Kasandra, Pendekatan Cognitive Behavior dalam Psikoterapi, (Jakarta: Kreativ Media, 2003)
Matson & Ollendick,Enhancing Children’s Social Skill: Assessment and Training, (New York: Pergamon Press)
McLeod, John, Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus, terj. A.K. Anwar, ( Jakarta: Kencana, 2006)