Main Article Content

Abstract

 


Akhmad Asyari PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram asyarismart@yahoo.com


Rusni Bil Makruf  PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram


 


Abstrak: Pemisahan ilmu agama dan non-agama atau apa yang disebut dikotomisasi ilmu dalam wacana pendidikan Islam telah menimbulkan banyak perdebatan di kalangan tokoh pendidikan Islam. Sebagian tokoh medukung penuh sistem dikotomi dan sebagian menolak keras adanya dikotomi. Tulisan ini bertujuan untuk mengurai akar historis dikotomisasi pendidikan Islam. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Islam sangat menganjurkan eksplorasi ilmu pengetahuan dengan tidak memisahkan dan mempertentangkan antara ilmu agama dan ilmu non agama. Dalam Islam, tidak ada pendikotomian ilmu, yang ada hanyalah pengklasifikasian ilmu, akan tetapi pada praktiknya pengklasifikasian ilmu tersebut salah diartikan oleh banyak kalangan masyarakat muslim itu sendiri.

Keywords

Ilmu agama ilmu umum pendidikan Islam dikotomi ilmu

Article Details

How to Cite
Asyari, A., & Makruf, R. (2014). Dikotomi Pendidikan Islam: Akar Historis dan Dikotomisasi Ilmu. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 1-17. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v8i2.58