PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA

Authors

  • Silpiana Silpiana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Iwan Fitriani Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1899

Keywords:

Model Pembelajaran STAD;, Media Lingkungan Sekitar; Hasil Belajar IPA.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dengan bantuan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Ishlah Tembelok tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperimental design) dan menggunakan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Ishlah Tembelok yang terdiri dari 2 (dua) kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus t-test polled varians. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran student teams achievement division (STAD) dengan bantuan media lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Miftahul Ishlah Tembelok tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 3,2251, sedangkan nilai t-tabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,0275, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Silpiana, S., & Fitriani, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN BANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 11(2), 133–154. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1899