PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH DI SEKOLAH DASAR: METODE, KENDALA DAN SOLUSI

Authors

  • Akhmad Asyari Universitas Islam Negeri Mataram
  • Azizatul Waro Sania Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i1.5314

Keywords:

akhlaq mahmudah, metode guru, pembiasaan positif dan nasehat.

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dan vital dalam menyiapkan generasi emas di masa mendatang. Namun hal ini tidak mudah, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dan menimbulkan berbagai retensi tantangan kehidupan yang kompleks diantaranya berdampak pada perkembangan akhlaq anak diberbagai jenjang termasuk di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengembangan akhlak anak di sekolah dasar. Penelitian menggunakan deskripftip kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan akhlaq mahmudah di sekolah dasar dapat dikembangkan melalui berbagai metode yaitu; metode keteladanan, pembiasaan positif diluar dan dalam kelas, pemberian nasehat dalam berbagai kesempatan, dan pemberian reward serta hukuman. Pada prakteknya, ada tiga faktor yang kurang mendukung dalam pengembangan akhlaq mahmudah yaitu faktor guru yang ditunjukkan oleh minimnya koordinasi dan kekompakan, faktor siswa, pergaulan lingkungan dan minimnta atensi orang tua terhadap perilaku anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Asyari, A., & Azizatul Waro Sania. (2022). PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH DI SEKOLAH DASAR: METODE, KENDALA DAN SOLUSI. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(1). https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i1.5314

Issue

Section

Articles