INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM IMTAQ DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.20414/elmidad.v10i2.774Keywords:
Internalisasi, Pendidikan Karakter, Program ImtaqAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) wujud nilai karakter yang
diinternalisasikan melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa (2) strategi
pendidikan karakter melalui program imtaq dan (3) implikasi internalisasi pendidikan karakter
melalui program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Subjek penelitian siswa MI Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan mencakup data reduction (reduksi data), data display (penyajian data),
conclution drawing/verification (penarikan kesimpulan). Adapun pengecekan keabsahan data
dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Hasil penelitian menunjukkan (1) wujud nilai karakter yang diinternalisasikan melalui
program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa berupa nilai religius, toleransi, disiplin, cinta
tanah air, mandiri, peduli lingkungan, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan cinta damai, (2)
strategi yang digunakan melalui program imtaq adalah strategi keteladanan, teguran atau
pengarahan, pengkondisian lingkungan, dan pembiasaan atau kegiatan rutin, (3) implikasi
program imtaq terlihat dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh siswa seperti : dzikiran,
shalat dhuha, pembacaan surat yasin, dan hafalan Al-Qur’an (dari segi agama), menjuarai
beberapa mata lomba (dari segi prestasi), datang tepat waktu (segi disiplin) serta dari segi akhlak
yaitu bersikap sopan dalam berintraksi baik itu dengan guru maupun dengan teman sebayanya.


