HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Hery Rahmat Universitas Islam Negeri Mataram
  • Miftahul Jannatin Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/elmidad.v10i2.775

Keywords:

Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya mengajar guru dengan
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian merupakan penelitian
kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V MI NW Dasan Agung Mataram Tahun
Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat
berupa motivasi belajar siswa dan variabel bebas berupa gaya mengajar guru. Instrumen yang
digunakan berupa kuesioner gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui pemberian kuesioner dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase dan analisis korelasi dengan chi square. Hasil
analisis deskriptif menunjukkan bahwa persentase siswa yang berpendapat bahwa gaya mengajar
guru baik sebanyak 30% sedangkan selebihnya 70% menyatakan gaya mengajar guru kurang
baik. Adapun hasil analisis deskriptif terhadap motivasi belajar siswa menunjukkan terdapat
70% siswa yang memiliki minat belajar rendah dan hanya 30% siswa yang memi liki minat
belajar tinggi. Adapun hasil analisis chi square diperoleh nilai CC sebesar 0,606 dan P=0,002
yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara gaya mengajar guru dengan
motivasi belajar siswa pada kelas V MI NW Dasan Agung Kota Mataram. Berdasarkan tujuan
dan analisis data dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh kuat terhadap
motivasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles