Main Article Content

Abstract

Memahami bahasa tasawuf menjadi tantangan tersendiri dalam kajian dan penelitian keislaman. Menjadi tantangan karena sifat dasarnya yang simbolik, misterius dan personal. Diperlukan mekanisme kebahasaan tersendiri untuk memahami makna-makna yang dikandung oleh ungkapan-ungkapan sufistik. Namun dalam perkembangannya, dunia tasawuf mengandung dua aliran besar, yaitu tasawuf ‘amali yang dijelaskan oleh ilmu mu’amalah dan tasawuf falsafi yang dijelaskan oleh ilmu mukasyafah. Yang pertama direpresentasi oleh Imam al-Gazali dan yang kedua oleh Syekh Ibnu ‘Arabi.
Pergerakan bahasa atau ungkapan sufistik di wilayah tasawuf ‘amali bersifat menyempit setelah mengalami pembakuan dan pelembagaan pada tarekat-tarekat setelah Imam al-Gazali, seperti Tarekat Qadiriyah, Rifa’iyah, Ahmadiyah, Syadziliyah dan lain-lain. Bahasa sufistik pun dalam konteks ini bersifat pengajaran untuk membimbing perjalanan para salik dalam menempuh maqamat dan menyikapi ahwal yang mereka alami di tarekat yang mereka ikuti. Komunikasi antar sesama pemeluk tarekat kemudian terejawantahkan dalam zikir, shalawat dan doa yang mereka amalkan.
Penelitian ini memfokuskan diri untuk melihat Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN) di Pondok Pesantren Darussalam Bermi Gerung Lombok Barat NTB; zikir, wirid dan doa yang diamalkan sebagai manifestasi ungkapan sufistik mereka, interaksi mereka ke dalam (sesama pemeluk Tarekat) dan keluar (dengan masyarakat) untuk melihat pemahaman dan pengamalan para salik terhadap ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah. Lokasi peneliti dipilih karena pengaruh dan pengikutnya yang cukup banyak, tersebar di Lombok Barat, Kota Mataram dan Lombok Tengah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ungkapan-ungkapan yang biasa beredar di kalangan para salikin pengamal TQN di lokasi penelitian adalah ayat-ayat al-Qur’an, hadits dan ungkapan-ungkapan para pendiri dan mursyid TQN yang bisa berupa zikir, shalawat, doa dan untaian-untaian hikmah sebagai pembimbing mereka dalam menjalani suluk di lingkungan TQN. Sedangkan pemahaman dan pengamalan mereka terhadap ungkapan-ungkapan itu telah ditentukan dalam ritual tarekat secara tertib, rinci dan ketat.
Kata Kunci: Bahasa Sufistik, Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah
Ponpes Darussalam

Keywords

Bahasa Sufistik Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah Ponpes Darussalam

Article Details

How to Cite
Wahyudin, Dedy. 2016. “MEMAHAMI BAHASA SUFISTIK KAUM SALIKIN (Studi Kasus Pengamal Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Di Pondok Pesantren DarussalamBermi Lombok Barat Nusa Tenggara Barat)”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 15 (2):113-23. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v15i2.246.

References

  1. Abdul Qadir al-Jailani, Adab as-Suluk, (Damskus: as-Sanabil, 2005).
  2. _________, at-Thariq ila Allah, (Damaskus: Dar as-Sanabil, 1994), cet. II, h. 37.
  3. Abu al-Wafa al-Ganimi at-Taftazani, Madkhal ila at-Tashawwuf al-Islami, (Cairo: Dar al-Tsaqafah, 1979).
  4. Abu Hamid Bin Muhammad al-Gazali, Ihya’ Ulum ad-Din, (Beirut: Dar al-Fikr, 1995).
  5. Aminah Belali, al-Harakiyyah at-Tawashuliyyah fi al-Khitab as-Shufi, (Damaskus: Ittihad Kuttab al-Arab, 2001).
  6. Annemarie Schimmel, al-Ab’ad as-Shufiyah fi al-Islam wa Tarikh at-Tshawwuf, (tjm: Muhammad Ismail as-Sayyid dan Ridha Hamid Quthb), (Koln Jerman-Bagdad: Mansyurat al-Jamal, 2006).
  7. As-Sasi ‘Amamira, al-Khitab as-Shufi wa Isykalatuhu at-Tawashuliyyah,disertasi di Universitas Muhammad Khaidar Boskura Aljazair, 2015.
  8. Athif Jaudat Nashr, ar-Ramz as-Syi’ri ‘Inda as-Shufiyyah, (Beirut: Dar al-Andalus, 1978).
  9. Daniel Chandler, Semiotics The Basics, (London: Routledge, Cet II, 2007).
  10. Gillian Brown dan George Yule, Discourse Analysis, (Cambridge: Cambridge University, 1983).
  11. Hasan ‘Ashi, At-Tafsir al-Qur’ani wa al-Lugah as-Shufiyah fi Falsafati Ibni Sina, (Beirut: al-Mu’assasah al-Jami’iyyah, 1982).
  12. Ibrahim Ahmad, Untulujiya al-Lugah ‘Inda Martin Heidegger, (Algiers: Mansyurat al-Ikhtilaf, 2008).
  13. Jarrah Wahibah, al-Isti’arah fi al-Khithab as-Shufi, Tesis di Universitas Maulud Mu’ammari Tizzi Wuzzu Aljazair, 2012.
  14. Muhammad Bin Ahmad al-Buzidi, al-Adab al-Mardliyah li Saliki Thariq al-Akhirah, (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2006).
  15. Muhammad Bin Ibrahim, Syarh al-Hikam, (Singapura-Jeddah: al-Haramain, tt).
  16. Nasr Hamid Abu Zayd, Hakazda Takallama Ibnu ‘Arabi, (Cairo: al-Hai’ah al-‘Ammah li al-Kitab, 2002).
  17. Nuhad Khayyathah, Dirasah fi at-Tajribah as-Shufiyah, (Damaskus: Dar al-Ma’rifah, 1994).
  18. Rafiq al-‘Ajam, Mausu’ah Mushthalahat at-Tashawwuf al-Islami, (Beirut: Nasyirun, 1999).
  19. Sayyid Bakri al-Makki, Kifayat al-Atqiya’ wa Minhaj al-Ashfiya’ Syarh Manzhumah Hidayat al-Adzkiya’ ila Thariq al’Auliya’, (Jamalea-Mesir: Mathba’ah al-Khairiyah, 1303 H).
  20. Taha Abdurrahman, al-Lisan wa al-Mizan aw at-Takautwur al-Aqli, (Casablanca: al-Markaz ats-Tsaqafi al-Arabi, 1998).
  21. Thomas A. Sebeok, Sign an Introduction to Semiotic, (Toronto: University of` Toronto Press Incorporated, Cet II, 2001).
  22. Wahid Behmardi, al-Lugah as-Shufiyah wa Musthalahuha fi Syi’ri Ibn al-Faridh, Tesis di American University Beirut Lebanon, 1986.