Main Article Content

Abstract

Rumah Tahfizh An-Nawawi merupakan salah satu lembaga pendidikan masyarakat di Dusun Kapek Kecamatan Gunungsari yang membuka program Tahsin dan Tahfizh al Quran. Program ini pada dasarnya merupakan bagian dari program Rumah Tahfizh Center (RTC) yang diprakarsai oleh Yusuf Mansyur. Program ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar al Quran, tidak terbatas usia baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.
Rumah Tahfizh An-Nawawi menjadi magnet yang cukup kuat menarik minat masyarakat untuk mempelajari dan menghafal al Quran, bahkan program ini sudah menjadi semacam gerakan untuk membudayakan al Quran di masyarakat Kapek. Ketertarikan untuk melakukan penelitian ini setidaknya didasarkan pada dua hal yaitu: 1) Kajian tentang pendidikan karakter pada umumnya hanya terfokus pada sekolah dan cenderung mengabaikan pendidikan di lingkungan masyarakat; 2) program Rumah Tahfizh An-Nawawi menarik minat masyarakat usia dewasa untuk mengikuti program pembelajaran al Quran, sehingga fenomena ini perlu analisis dan kajian yang lebih mendalam.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berupaya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk selanjutnya dikaji serta dianalisis dan menarik hasil akhir berupa kesimpulan.
Selanjutnya kesimpulan yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan kepada masyarakat Dusun Kapek melalui Program Rumah Tahfizh An-Nawawi meliputi empat nilai yaitu: nilai religius, nilai rasa ingin tahu, nilai gemar membaca dan nilai tanggung jawab; (2) Implementasikan pendidikan karakter bagi masyarakat melalui program Rumah Tahfizh An-Nawawi terintegrasi melalui program kegiatan yang meliputi: a) Proses Pembelajaran; b) Kegiatan Mabit (Karantina); c) Latihan menjadi Imam; dan d) Program Musabaqah Hifzhil Quran

Keywords

Pendidikan Karakter Rumah Tahfizh An-Nawawi

Article Details

How to Cite
H. Sahrah, H. Sahrah. 2016. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM RUMAH TAHFIZH AN-NAWAWI PADA MASYARAKAT DUSUN KAPEK KECAMATAN GUNUNGSARI”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 15 (2):151-60. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v15i2.294.

References

  1. Abdul Madjid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011, 154
  2. Syukri Fathuddin (2010), Pembentukan Kultur Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Penilaian Self-And Peer Asesment Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Teknik UNY, Laporan Penelitian UNY
  3. Siti Irene Astuti D., Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Bagi Mahasiswa UNY Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah, tesis (Yogyakarta: UNY, 2010).
  4. Pipit Uliana dan Rr. Nanik Setyowati (2013), Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, Jurnal Hasil Penelitian Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1 Tahun 2013
  5. Syafaruddin, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Medan: Perdana Publishing, 2012
  6. Zahrudin AR dan Hasanuddin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004
  7. Suparman Syukur, Etika Religius, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
  8. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2002
  9. Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
  10. Zurqoni, Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penilaian Akhlak Mulia Siswa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
  11. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter: Pedoman Sekolah, Jakarta, 2010
  12. Tim PPPA Daarul Quran, Panduan Pendirian Rumah Tahfizh, Tangerang: Graha Daarul Quran, 2011
  13. Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
  14. Burhan Bungin et al., Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006
  15. Arief Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
  16. Supriyono, Melakukan dan Membuat Catatan Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Bandung: IKIP Bandung, 1998