Main Article Content
Abstract
Rumah Tahfizh An-Nawawi merupakan salah satu lembaga pendidikan masyarakat di Dusun Kapek Kecamatan Gunungsari yang membuka program Tahsin dan Tahfizh al Quran. Program ini pada dasarnya merupakan bagian dari program Rumah Tahfizh Center (RTC) yang diprakarsai oleh Yusuf Mansyur. Program ini terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar al Quran, tidak terbatas usia baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.
Rumah Tahfizh An-Nawawi menjadi magnet yang cukup kuat menarik minat masyarakat untuk mempelajari dan menghafal al Quran, bahkan program ini sudah menjadi semacam gerakan untuk membudayakan al Quran di masyarakat Kapek. Ketertarikan untuk melakukan penelitian ini setidaknya didasarkan pada dua hal yaitu: 1) Kajian tentang pendidikan karakter pada umumnya hanya terfokus pada sekolah dan cenderung mengabaikan pendidikan di lingkungan masyarakat; 2) program Rumah Tahfizh An-Nawawi menarik minat masyarakat usia dewasa untuk mengikuti program pembelajaran al Quran, sehingga fenomena ini perlu analisis dan kajian yang lebih mendalam.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang berupaya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk selanjutnya dikaji serta dianalisis dan menarik hasil akhir berupa kesimpulan.
Selanjutnya kesimpulan yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini adalah (1) Nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan kepada masyarakat Dusun Kapek melalui Program Rumah Tahfizh An-Nawawi meliputi empat nilai yaitu: nilai religius, nilai rasa ingin tahu, nilai gemar membaca dan nilai tanggung jawab; (2) Implementasikan pendidikan karakter bagi masyarakat melalui program Rumah Tahfizh An-Nawawi terintegrasi melalui program kegiatan yang meliputi: a) Proses Pembelajaran; b) Kegiatan Mabit (Karantina); c) Latihan menjadi Imam; dan d) Program Musabaqah Hifzhil Quran
Keywords
Article Details
References
- Abdul Madjid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011, 154
- Syukri Fathuddin (2010), Pembentukan Kultur Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Penilaian Self-And Peer Asesment Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Teknik UNY, Laporan Penelitian UNY
- Siti Irene Astuti D., Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Bagi Mahasiswa UNY Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah, tesis (Yogyakarta: UNY, 2010).
- Pipit Uliana dan Rr. Nanik Setyowati (2013), Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, Jurnal Hasil Penelitian Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1 Tahun 2013
- Syafaruddin, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Medan: Perdana Publishing, 2012
- Zahrudin AR dan Hasanuddin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004
- Suparman Syukur, Etika Religius, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2002
- Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
- Zurqoni, Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penilaian Akhlak Mulia Siswa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
- Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter: Pedoman Sekolah, Jakarta, 2010
- Tim PPPA Daarul Quran, Panduan Pendirian Rumah Tahfizh, Tangerang: Graha Daarul Quran, 2011
- Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
- Burhan Bungin et al., Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006
- Arief Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
- Supriyono, Melakukan dan Membuat Catatan Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Bandung: IKIP Bandung, 1998
References
Abdul Madjid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011, 154
Syukri Fathuddin (2010), Pembentukan Kultur Akhlak Mulia Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Model Penilaian Self-And Peer Asesment Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Teknik UNY, Laporan Penelitian UNY
Siti Irene Astuti D., Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Bagi Mahasiswa UNY Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah, tesis (Yogyakarta: UNY, 2010).
Pipit Uliana dan Rr. Nanik Setyowati (2013), Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo, Jurnal Hasil Penelitian Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1 Tahun 2013
Syafaruddin, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Medan: Perdana Publishing, 2012
Zahrudin AR dan Hasanuddin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004
Suparman Syukur, Etika Religius, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2002
Mawardi Lubis, Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011
Zurqoni, Menakar Akhlak Siswa: Konsep dan Strategi Penilaian Akhlak Mulia Siswa, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter: Pedoman Sekolah, Jakarta, 2010
Tim PPPA Daarul Quran, Panduan Pendirian Rumah Tahfizh, Tangerang: Graha Daarul Quran, 2011
Punaji Setyosari, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010
Burhan Bungin et al., Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2006
Arief Furchan, Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982
Supriyono, Melakukan dan Membuat Catatan Observasi dalam Penelitian Kualitatif, Bandung: IKIP Bandung, 1998