Main Article Content

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menepis anggapan sebagian orang tentang sistem pendidikan madrasah yang ketinggalan zaman dan tidak bisa menjawab tantangan di era globalisasi seperti sekarang ini. Seiring dengan kemajuan perkembangan zaman, pendidikan madrasah kini menghadapi berbagai macam permasalahan yang berakibat pada kurangnya kepercayaan sebagian masyarakat atas pengelolaan pendidikan sehingga dipandang sebagai pendidikan kelas dua (second claas). Prof. Dr. H. Ayzumardi Azra, M.A berpendapat bahwa pesantren sebagai bagian dari yang tidak terpisahkan dengan pendidikan Nasional telah diakui perannya sebagai salah satu agen perubahan sosial. Analisis tulisan ini terfokus pada kurikulum pendidikan madrasah di pesantren yang fokus kajiannya adalah apakah pendidikan madrasah di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW bisa menjadi salah satu alternatif sistem pendidikan nasional? Metodologi yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, yakni dengan melakukan wawancara kepada pimpinan pesantren, beberapa guru, santri dan alumni di lingkungan pesantren tersebut dan juga mengumpulkan dokumen-dokumen, baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki relevansi terhadap penelitian ini. Tulisan ini mencoba untuk memberikan tawaran agar kurikulum madrasah di pesantren bisa dijadikan sebagai alternatif sistem pendidikan nasional di kemudian hari.

Keywords

Kurikulum Pesantren Pendidikan Nasional

Article Details

How to Cite
sugiarto, fitrah. (2021). KURIKULUM PENDIDIKAN MADRASAH DI PESANTREN MENJADI SALAH SATU ALTERNATIF SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi Kasus pada Madrasah di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW, Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, NTB). El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.2958

References

Ach. Hidayatul Wahyudi, “Belajar Efektif Menurut KH. Muhammad Idris Jauhari (Analisis Pemikiran Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep Madura), Skripsi, Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 2011.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium Baru, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 1999.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Millenium III, Jakarta : Logos Wacana Ilmu, 2000.

Azra, Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII : Melacak Akar-akar Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia, Bandung : Mizan, 2007.
Azra, Azyumardi. 2000. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Batmang, Potret Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Gontor VIII Indonesia, Sleman : Deepublish, 2019.

Bruinessen, Martin van. Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, Yogyakarta : Gading Publishing, 2012.

Djauhari, Moh. Tidjani. Masa Depan Pendidikan Pesantren, Agenda yang Belum Terselesaikan, Jakarta : Taj Publishing, 2008.

Fajar, Malik. 1998. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta : Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyususnan Naskah Indonesia.

Heriyudanta, Muhammad. Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif Azyumardi Azra, Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol.8, No.1, Juni 2016 : 145-172, DOL : 10.18326/mudarrisa.vbi1.145-172.

Jauhari, Muhammad Idris. Sistem Pendidikan Pesantren, Prenduan : Al-Amien Printing, 2002.

Jauhari, Muhammad Idris. Hakikat Pondok Pesantren dan Kunci Sukses di dalamnya, Prenduan : Al-Amien Printing, 2009.

Jauhari, Muhammad Idris. TMI, Apa, Siapa, Mana, Kapan, Bagaimana dan Mengapa ?, Prenduan : Al-Amien Printing, 2014.

Khozin, Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia : Rekonstruksi Sejarah Untuk Aksi, (Malang : UMM Press, 2006), 101.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Edisi Penyempurnaan 2019, Jakarta : Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019.
Prastowo, Andi. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu, Jakarta, Kencana, 2017.

Sya’roni, “Etos Kerja Santri”, KONTIKSTUALITA : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan I, Volume.21, No.1, Juni 2006.

Sanjaya, Wina. Sistem Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Grup, 2012.

Tim Cemerlang, UU RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta : Cemerlang Publisher, 2007.

UUD 45 nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN), Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembukuan, 2011.

Wahjoetomo. Perguruan Tinggi Pesantren, Jakarta : Gema Insani Press, 1997.

Zarkasyi, Muhammad Ridlo. Virus Entrepreneurship Kiyai, 72 Prinsip dan Wejangan KH. Imam Zarkasyi (Perintis Pondok Modern Ponorogo), Jakarta : ReneBook, 2011.

Zarkasyi, Syukri Abdullah. 2005. Manajemen Pesantren Pengalaman Pondok Modern Gontor, Ponorogo : Trimurti Press.