Main Article Content

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab pada setiap lembaga pembalajaran di era digital saat ini telah menggunakan media sosial. Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian analisis kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kualitas konten video dan pamflet instagram @kursus_arab_alazhar dalam pembelajaran bahasa Arab secara online. Data digali melalui teknik dokumentasi, dan dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk melihat kualitas konten instagram, peneliti menggunakan indikator yang terdiri dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan desain.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas video dan pamflet di instagram @kursus_arab_alazhar adalah beragam, ada yang semuanya memenuhi kriteria penilaian, hampir memenuhi dan juga terdapat beberapa yang tidak memenuhi kriteria. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa konten instagram @kursus_arab_alazhar dapat menjadi alternatif dari buku teks siswa madrasah untuk pembelajaran bahasa Arab secara online.

Keywords

instagram, video, pamflet, @kursus_arab_alazhar, kualitas

Article Details

How to Cite
Saputra, H., Marsiah, M., & El Bilad, C. (2021). Analisis Kualitas Instagram @kursus_arab_alazhar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Online. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.3107

References

Ardi Widodo, S. (2006). Model - Model Pembelajaran Bahasa Arab. Al-’Arabiyah, 2(2), 2–14.
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita
Busyro, Muhtarom. (2017). Shorof Praktis Metode Krapyak. Yogyakarta: Putra Menara.
Carieska, 2020. Urgensi memahami morfologi shorof menggunakan metode tashrif. Prosiding Semnasbama IV UM Jilid 2 Peran Mahasiswa Bahasa Arab dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.
Devina A. (2018). Tips and Tricks: 15 Basic Typography Rules. https://student-activity.binus.ac.id/ (diakses pada 20 Februari 2021).
Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Fachrurrozi, A., & Erta Mahyuddin. (2011). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Tangerang.
Gultom, F. D. (2018). Kemampuan penguasaan kalimat efektif siswa SMP di padangsidimpuan, Jurnal paidagogeo, 3(3).
Ibrahim, A. S. (2009). Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartika, Rina. (2015). Memilih dan Memanfaatkan Tipografi. Humaniora: Jurnal Ilmiah Universitas Bina Nusantara. 6(3). https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i3.3352
Mahliatussikah, Hanik. (2020). Pemanfaatan media digital untuk pengenalan warna dalam Bahasa arab. www.researhgate.net (diakses pada 20 Februari 2021).

Marta, R. F., Fernando, J., Simanjuntak, R. F. (2019). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga Pada Instagram @KEMENPPPA. Ettisal: Journal of Communication. 4(2), 137-150. http://dx.doi.org/10.21111/ejoc.v4i2.3702
Mayring, P. (1988). Qualitative Inhaltsanalyse. Grundlagen und Techniken. Munich: Dt Studien Verlag.
Hamid, M. A. (2008). Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media). Yogyakarta: UIN Malang Press.
Latipah, E. D. P., Afriansyah. E. A. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan pembelajaran CTL dan RME. Jurnal MATEMATIKA: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. 17(1). https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.3691
L. Tjokro, S. (2009). Presentasi yang Mencekam. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Permata, B. A. (2015). Teori Generatif-Transformatif Noam Chomsky dan Relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Arab. Empirisma: Jurnal Pemikiran dan Kebudayaan Islam, 24(2).
Riffie, D., Lacy, S., & Fico, F. G. (1998). Analysis Media Message: Using Quanitative Content Analysis in Research. London: Lawrence Erlbaum Associate Publishers.
Sartika, Pika Nurulita. (2020). Pemanfaatan Instagram TV (IGTV) Sebagai Online Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Klasifikasi Makhluk Hidup. [Skripsi] Universitas Pasundan Bandung
Sujana, J. G. dan Yuyu Yulia. (2005). Perkembangan Perpustakaan di Indonesia. Bogor: IPB Press.
Susilana, Rudi., dkk. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Visit Pare, (2018) Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Kampung Inggris Pare Kediri. Diakses dari https://visitpare.com/profil-lembaga/kursus-bahasa-arab-al-azhar-kampung-inggris-pare-kediri/ pada 29 Juli 2020.
Wijayanti, Sri Hapsari. dkk. (2015). Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Rajawali Pers.