Main Article Content

Abstract

This research at Madrasah Aliyah Darul Muhajirin Praya  central Lombok  NTB. An educational institution under the Darul Muhajiri Islamic Boarding School (Ponpes). this research used the Path Analysis method conceptually and theoretically, from the concept of analysis, multivariant statistics, to the stages of path analysis modeling, it is expected to provide an understanding of path analysis. In its presentation,the researcher will discuss the relationship between learning motivation, creativity, learning style and teacher professionalism on student achievement. In application, there are several relevant software tools to help statistical analysis of the Structural Equation Model (SEM) and path analysis, namely: AMOS, LISREL, EQS, RAINOVA, and others. The author chose LISREL (Linear Structural Relation) version 9.1 Student Edition because it is easy to use and understand.

Keywords

Path Analysis Lisrel Motivasi Belajar Kreatifitas Gaya belajar Profesionalisme Guru Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Suparmanto, S., & Hudatullah, R. (2021). PENERAPAN ANALISIS JALUR (PATH ANALISIS) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(1). https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.3625

References

A. M. Sadirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 20014)
Abraham Maslow, Motivasi dan Kepribadian, Terj. Sunaryo, (Jakarta: PT. Rajawali Press, 20014)
Ace Suryadi dan Wina Mulyana, Kerangka Konseptual Mutupendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional guru, (Jakarta: Cardimas Metropole, 1993).
Agoes Soejono, Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses, (Jakarta : Aksara Baru, 1990).
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2001).
Ana Craft, Membangun Kreatifitas Anak, (Depok: Insani Press, 2013).
Arief S. Sadiman, dkk. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada 2033).
Buchari Alma dkk. Guru Profesional, ((Bandung: Alfabeta, 2008).
Bonaventura Satya Bharata, Analisis Isi kuantitatif, sebuah pengantar untuk penelitian teks komunikasi dalam mix methodology dalam penelitian komunikasi, (Yogyakarta: Mata Padi Presindo, 2011).
Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 1984).
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak, (Jakarta: Erlangga, 2015).
G.R. Terry, Prinsip-Prinsip Manajemen, terjemahan J Smith D F M. (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).
Hamzah Uno, dkk. Landasan Pembelajaran, (Gorontalo: Nurul Jannah, 2004).
Ibrahim, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar, (Jakarta Bumi Aksara, 2013).
Ischak SW dan Warji R, Program Remadial dalam proses Belajar Mengajar, (Yogyakarta Liberty, 1987).
Kasiayani K.E. Suyanto, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran, (Malang: UNM Press, 2007).
Mansur Muslich, Melaksanakan PTK itu Mudah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018).
Mukhtar dkk, Mengukir Prestasi: Panduan Menjadi Guru Profesional, (Jakarta: Misaka Gasila, 2013).
M. Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017).
Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2014).
Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Cetakan ke-13, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran, (Jakarta: Delia Press, 2014).
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar & Mengajar, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2015).
Ridwan dan Engkos Achmad Kuncoro, Cara Menggunakan dan Memaknai Path Analisis (analisis jalur), (Bandung : Alfabeta, 2012)
Sugiarto dan Tumpal JR Sijintak, Lisrel, (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2016)
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta, 2008).
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, (Bandung:Alfabeta, 2013).
Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2015).
Sardiman A. M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2011).
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003).
Umi Machmudah dan Abdul Wahab Rosyidi, Active Learning dalam PembelajaranBahas Arab, (Malang: UIN-Malang Press, 2008).
Umi Narimawati dan Jonathan Sarwono, Struktural Equation Model SEM dalam riset ekonomi : menggunakan Lisrel, (Yogyakarta : Gava Media, 2007).
Utami Munandar, Mengembangkan bakat dan kreatifitas Anak Sekolah, (Jakarta: Gramedia,1999).
Winkel, W.S, Psikologi Pengajaran, Edisi Revisi, (Jakarta: Raja Grasindo Persada, 1999).
Wina Sanjaya, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Bebarasis Kompetensi, (Jakarta: Kencana, 2008).