Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji gagasan dan pikiran serta karya karya
nyata yang dihasilkan oleh TGH Shafwan Karim Hakim Dalam Pendidikan
Islam dan pengembangannya terutama bagaimana beliau mengembangkan
Pondok Pesantren Nurul Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk Pikiran
dan gagasan TGH Shafwan serta tindakan beliu dalam pengembangan
pendidikan Islam di Pulau Lombok. Adapun metode yang digunakan
adalah deskriftif analisis denagan mendeskripsikan fenomena fenomena
yang terkait dengan pemikiran dan karya TGH Safwan dalam bidang
Pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah Gagasan TGH. Shafwan Karim
Hakim, yang meliputi Pelembagaan Lembaga Pendidikan Islam dengan Dua
Sayap, Menggagas berdirinya majlis ta’lim di setiap dusun di daerah Kediri
dan sekitarnya, Mengembangkan Wadah Kerjasama dan Kominikasi antar
Pondok Pesantren, menggagas pengiriman Da’i ke lokasi terpencil dan
minim pengetahuan dan pengamalan keagamaan, dan Mingintegrasikan
Pilar pilar Pemikiran Kepesantrenan dalam Pondok Pesantren. Dihasilkan
melalui perenungan mendalam dengan memperhatikan ayat ayat al Qur’an
dan Sunnah Rasuulullaah SAW. Adapun karya TGH. Shafwan Karim Hakim
yang paling monumental adalah mendirikan dan mengembangkan Lembaga
Pendidikan Nurul Hakim Moderen yang bernaung di bawah Yayasan Pondok
Pesantren Nurul Hakim, dengan berbagai jenjang pendidikan dan unit unit
lainnya dengan mengembangkan menejemen kekinian. Disamping karya
karya beliau dalam bentuk kitab Fiqih Kontemporer dan menginisiasi
pembangunan lebih dari 100 (seratus) masjid dan pendirian majlis ta’lim di
berbagai plosok pulau Lombok.

Keywords

Rekam Jejak Tuan Guru

Article Details

How to Cite
Busyairy, Ahmad. 2017. “PENELITIAN REKAM JEJAK TUAN GURU HAJI SHAFWAN KARIM HAKIM DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI PULAU LOMBAK (Gagasan Dan Tindakan)”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 16 (2):114-26. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v16i2.446.

References

  1. Arifin, Imron. Penelitian Kualitatif. Bandung: Kalimasahada Press, 1996.
  2. Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
  3. Asmaran. Pengantar Study Tasawuf. Jakarta: Rajawal Press, 1994.
  4. Aziz, Abdullah A-bone. Peran Ulama Dan Kiyai Di Zaman Era Globalisasi. Mesir: al-
  5. Manaf, 2000.
  6. Dhofier, Zamakhsari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta:
  7. LP3ES,1984.
  8. Dhofier, Zamkhasyari. Tradisi Pesantren. Cet. II; Jakarta: Mizan, tt.
  9. Furchan, Arif. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.
  10. Furchan, H. Arif dan Agus Maimun. Studi Tokoh: Metode Penelitian Tokoh. Yogyakarta:
  11. Pustaka Pelajar , 2005.
  12. Haidar Putra Daulay, Pemberdayaan Pendidikan Islam Di Indonesia ( Jakarta: Rineka
  13. cipta, 2009), h. 6
  14. Hasyim, Filsafat Dakwah. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
  15. http://www.informasi-pendidikan.com/
  16. https://islamiced.wordpress.com/pengertian-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam/.
  17. Madjid, Nurcholish. Bilik-bilik Pesantren; Sebuah Potret Perjalanan. Cet. I; Jakarta:
  18. Paramadina, 1977.
  19. Mahdi bin Ibrahim, Amanah dalam Manajemen. Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 1997.
  20. Manulang, M. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1963.
  21. Marno, dan Triyatno Supriyatno. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam.
  22. Bandung: Refika Aditama,2008.
  23. Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.
  24. Muhammad Al-abrasyi, At-Tarbiyyah al-Islamiyyah wa falasifatuha Mesir: al-Halabi,
  25. Sukiswa, Iwa. Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan. Bandung: Tarsito, 1986.
  26. ) ??????? ??????? ? ??? ??????? - )? 1
  27. ) ??????? ??????? ? ???? ???? - )? 8