Main Article Content

Abstract

Pondok pesantren Darul Hikmah merupakan pondok pesantren
yang baru memulai kebijakannya dalam menerapkan keterampilan berbicara
bahasa arab bagi seluruh santri/santriwatinya. Kebijakan itu tentu masih
mengalami berbagai kendala baik dari sisi tenaga pengajar, lingkungan, dan
para santri/santriwati itu sendiri. Program madrasah binaan ini mengambil
fokus kegiatan pada pembinaan keterampilan berbicara bahasa arab. Program
madrasah binaan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan
berbicara bahasa Arab santri/santriwati sehingga mereka dapat menggunakan
bahasa Arab secara praktis dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam
asrama maupun di luar asrama. Disamping itu, tujuan strategis dari program
ini adalah untuk meningkatkan daya saing pondok pesantren Darul Hikmah
Pagutan diantara pondok pesantren yang sudah eksis dalam mengembangkan
bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Pembinaan keterampilan
berbicara bahasa Arab (maharat al-kalam) di pondok pesantren Darul Hikmah
Pagutan dilakukan dengan strategi workshop dan pendampingan. Program
ini memberi dampak postif bagi para santri/santriwati, mereka sudah mulai
berbicara dengan menggunakan bahasa Arab walaupun masih dicampurcampur
dengan bahasa daerah, karena mereka masih kurang dalam mufradat.
Namun demikian, sudah tampak dari aktivitas tersebut kemampuan mereka
dalam melafalkan bunyi. Mereka sudah memiliki kemampuan melafalkan
atau mengucapkan huruf-huruf dalam mufradat dan ungkapan-ungkapan
sederhana dengan baik, bahkan mereka sudah bisa untuk membuat kalimatkalimat
sederhana dengan mufradat yang mereka miliki.

Keywords

Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Article Details

How to Cite
Maujud, Fathul. 2017. “PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB (MAHARAT AL-KALAM) SANTRI DAN SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH PAGUTAN KARANG GENTENG KOTA MATARAM”. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 16 (2):127-39. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v16i2.447.

References

  1. ??? ???? ????? ? 4891 ? ????? ???? ????? ???????? (?????? : ???
  2. ??????
  3. Ahmad fuad Effendy.2005, Metode Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
  4. Burhan Nurgianto.2001, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:
  5. BPFE.
  6. Hamzah Samsuri. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern. Surabaya: Greisinda
  7. Press.
  8. Henry Guntur Tarigan. 1981, Berbicara Sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
  9. Angkasa.
  10. J. W. M. Verhaar. 2001, Asas-Asas Linguistik Umu. Yogyakarta: Gadjah Mada University
  11. Press.
  12. Maidar G. Arsyad Mukti. 1988, Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.
  13. Jakarta: Erlangga.
  14. Mansoer Padeta. 1995, Kosa Kata dan Pengajarannya. Flores: Nusa Indah.
  15. Suyatno. 2004, Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.