Main Article Content
Abstract
Madrasah Quran Wal Hadits (MQWH) merupakan institusi
pendidikan di Pondok Pesantren Al-Aziziyah yang sampai saat masih
konsisten menjaga tradisi yang menjadi warisan pesantren berupa kajian
terhadap kitab-kitab kuning. Dengan demikian pendidikan di MQWH lebih
menekankan pada penguasaan terhadap unsur-unsur kebahasaan (al anasir al
lughowiyah) yang dalam hal ini adalah kajian terhadap ilmu Nahwu.
Dalam penelitian ini, peneliti melakukan investigasi untuk mencari formulasi
pembelajaran Nahwu di MQWH dengan melakukan telaah terhadap tahapantahapan
pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi
pembelajaran Nahwu.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang berupaya mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi untuk selanjutnya dikaji
serta dianalisis dan menarik hasil akhir berupa kesimpulan.
Adapun kesimpulan yang diperoleh sebagai hasil dari penelitian ini adalah
(1) Perencanaan pembelajaran Nahwu di MQWH diformulasikan berupa
distribusi materi pada kitab-kitab rujukan (Matnu al Jurmiyah dan Syarh
Dahlan); (2) Pelaksanaan pembelajaran Nahwu di MQWH menggunakan
metode deduktif yang selanjutnya didesain lebih spesifik dengan metode
muhafazhah, ceramah, dan driil; (3) evaluasi pembelajaran Nahwu di
MQWH menggunakan teknik tes dan non tes, namun evaluasi pembelajaran
belum diterapkan secara komprehensif dan utuh karena evaluasi hanya
dilakukan pada ranah kognitif dan masih terbatas pada ranah psikomotorik
dan afektif.
Keywords
Article Details
References
- Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru,
- Bandung: Rosdakarya, 2006
- Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
- Ahmad, Muhammad ‘Abd al-Qadîr, Turûq al-Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyah, Cairo:
- Maktabah al-Nahdah al-Misriyah, 1984
- Ahmad Sehri, Metode Pengajaran Nahwu dalam Pengajaran Bahasa Arab, Jurnal Hunafa,
- Vol. 7, No.1, April 2010
- Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011
- Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru,
- Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999
- B. Hamzah Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan proses Belajar Mengajar yang Kreatif
- dan Efektif , Jakarta: Bumi Aksara
- Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
- Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
- Ibnu Khaldun, al Muqoddimah, Maktabah Syamilah
- Jamaluddin, Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: Adi Cita Karya
- Nusa, 2003
- Muhaimin, dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung:Trigenda Karya,
- Nanang Sarif Hidayat, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam;
- Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
- Nana Sudjana, CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru Algesindo,
- Sakholid Nasution, Eksistensi Nahwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Problematika
- Pembelajarannya Untuk Tingkat Pemula Jurnal Tanzimat KOPERTAIS WIL IX,
- Vol. 3 Thn X Jan-Juni 2006
- Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta,2003
- Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
- Rusydi Ahmad thu’aimah dan Muhammad al-Sayyid Manna’, Tadris al-Arabiyyah fi
- al-Ta’lim al-‘Am; Nazhariyyah wa Tajarib, Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000
- Thonthowi, Kegagalan Pembelajaran Bahasa Arab, Penyebabnya dan Saransaran Dionysius
- Thrax Makalah disampaikan pada Seminar Internasional, pada 23-25 Nopember
- di Malang, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Malang
- bekerja sama dengan Ittihad al-Mudarisin li al-Lughah al-Arabiyah (IMLA)
- Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana, 2010
- Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta, 2011
- Uril Bahruddin, Mahârah al-Tadrîs, Malang: UIN Press, 2011
- Zamakhsyari Dhofier, Trasisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta:
- LP3ES, 1984
References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru,
Bandung: Rosdakarya, 2006
Ahmad Fuad Effendy, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
Ahmad, Muhammad ‘Abd al-Qadîr, Turûq al-Ta’lîm al-Lughah al-‘Arabiyah, Cairo:
Maktabah al-Nahdah al-Misriyah, 1984
Ahmad Sehri, Metode Pengajaran Nahwu dalam Pengajaran Bahasa Arab, Jurnal Hunafa,
Vol. 7, No.1, April 2010
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011
Azyumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru,
Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999
B. Hamzah Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan proses Belajar Mengajar yang Kreatif
dan Efektif , Jakarta: Bumi Aksara
Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Harjanto. 2010. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Ibnu Khaldun, al Muqoddimah, Maktabah Syamilah
Jamaluddin, Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: Adi Cita Karya
Nusa, 2003
Muhaimin, dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung:Trigenda Karya,
Nanang Sarif Hidayat, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam;
Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Nana Sudjana, CBSA dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru Algesindo,
Sakholid Nasution, Eksistensi Nahwu dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Problematika
Pembelajarannya Untuk Tingkat Pemula Jurnal Tanzimat KOPERTAIS WIL IX,
Vol. 3 Thn X Jan-Juni 2006
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta:Rineka Cipta,2003
Suharsimi Arikunto, Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010
Rusydi Ahmad thu’aimah dan Muhammad al-Sayyid Manna’, Tadris al-Arabiyyah fi
al-Ta’lim al-‘Am; Nazhariyyah wa Tajarib, Kairo: Dar al-Fikr al-Araby, 2000
Thonthowi, Kegagalan Pembelajaran Bahasa Arab, Penyebabnya dan Saransaran Dionysius
Thrax Makalah disampaikan pada Seminar Internasional, pada 23-25 Nopember
di Malang, diselenggarakan oleh Fakultas Sastra Universitas Malang
bekerja sama dengan Ittihad al-Mudarisin li al-Lughah al-Arabiyah (IMLA)
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta:Kencana, 2010
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Jakarta, 2011
Uril Bahruddin, Mahârah al-Tadrîs, Malang: UIN Press, 2011
Zamakhsyari Dhofier, Trasisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta:
LP3ES, 1984