Main Article Content
Abstract
Metode diskusi adalah metode pembelajaran berbentuk tukar
menukar informasi, pendapat dan unsur-unsur pengalaman secara teratur
dengan maksud untuk mendapat pengertian yang sama. Prinsip ini perlu
ditanamkan pada siswa sebagai sarana belajar mengungkapkan gagasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode
diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PKn materi Menjelaskan proses
Pemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7 Montong Baan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas
VI SDN 7 Montong Baan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah observasi, angket/tes, dan wawancara. Observasi digunakan untuk
mengamati jalannya proses tindakan yang dilakukan. Angket/tes digunakan
untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai. Sedangkan wawancara
digunakan untuk mendapatkan informasi tentang penerapan metode diskusi
dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian tindakan ini adalah menunjukkan bahwa hasil belajar PKn
materi Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada pada siswa kelas VI SDN 7
Montong Baan sebelum dilakukan tindakan sangat rendah. Hal ini dibuktikan
dengan persentasi keberhasilannya adalah 42,86%. Setelah dilakukan
tindakan penggunaan metode diskusi hasil belajar tergolong sangat baik. Hal
ini terbukti dengan persentasi keberhasilan pada variabel hasil belajar siswa
pada siklus 1 yaitu 71,43% dengan kriteria baik dan siklus 2 adalah 91,43%
dengan kriteria sangat baik.
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Pembelajaran
- yang Efektif/ 22-01-2008.
- Depdiknas, 2005. Model-model Pembelajaran yang Efektif. http://ktsp.diknas.go./
- download/ktsp_smk/14.ppt#7 Model-model Pembelajaran yang Efektif/ 22-
- -2008.
- Djamarah, 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
- Ibrahim, 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
- Muhibiansyah, 1995. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta : Kanisius.
- Pramudjono, 2003. Statistika Dasar. FKIP Samarinda : UNMUL.
- Riyanto, 2001. Paradigma Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
- Sardiman (2003. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo.
- Slameto , 2003. .Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
- ________1989. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
References
Arikunto, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Pembelajaran
yang Efektif/ 22-01-2008.
Depdiknas, 2005. Model-model Pembelajaran yang Efektif. http://ktsp.diknas.go./
download/ktsp_smk/14.ppt#7 Model-model Pembelajaran yang Efektif/ 22-
-2008.
Djamarah, 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional
Ibrahim, 2003. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Muhibiansyah, 1995. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta : Kanisius.
Pramudjono, 2003. Statistika Dasar. FKIP Samarinda : UNMUL.
Riyanto, 2001. Paradigma Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Sardiman (2003. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo.
Slameto , 2003. .Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
________1989. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sudjana, 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.