Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif sebab
masalah yang diteliti adalah masalah kegiatan dan keadaan atau kondisi yang
terjadi dilapangan dan bertujuan untuk memaparkan temuan yang terkait dengan
pengajaran Bahasa Arab, kesulitan-kesulitan siswa kelas X dalam berkomunikasi
Bahasa Arab dan upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan berkomunikasi
Bahasa Arab siswa kelas X di SMK IslamAl-Hananiyah Bodak Praya Lombok
Tengah Adapun kesulitan yang dihadapi oleh siswa adalah mempelajari Bahasa
Arab khususnya dalam berkomuikasi adalah karna persedian mufradat yang
dimiliki siswa masih relatif sedikit atau kurang. Karena mereka juga belum
mengenal lingkungan berbahasa maka otomatis lidah mereka masih kaku dalam
mengucap kalimat-kalimat Arab, dan kebanyakan siswa berasal dari sekolah
negeri. Kesulitan dalam penyusunan kalimat-kalimat dan mereka sering takut salah
karena tidak sesuai dengan tata bahasa. Karena juga kurangnya minat dari siswasiswi
dalam berkomunikasi Bahasa Arab yang menyebabkan para siswa kesulitan
untuk menggunakan BahasaArab untuk berkomunikasi. Pelaksanaan pengajaran
Bahasa Arab di SMK Islam Al-Hananiyah Bodak disesuaikan dengan kurikulum
yang berlaku didalam proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab.
Sedangkan tahap pengolahan data, peneliti menganalisis data dengan
mengunakan analisis induktif, artinya suatu tehnik analisis data yang
berangkat dari pengetahuan bersifat khusus kemudian menuju kesuatu
kesimpulan yang bersifat umum. Disamping itu,metode induktif lebih
tepat dipergunakan dalam menganalisis data-data kualitatif yang tidak
menampilkan angka-angka untuk ditafsirkan. Adapun untuk meningkatkan
keabsahaan data dalam penelitian ini, langkah-langkah yang penulis guanakan
adalah melakukan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan,
triamulasi dan kecukupan referensi.
Keywords
Article Details
References
- Ahmad Assayyid Al-Hasyimi. A/Qawaidul Al-Lughatul Al-A’rabiyah, Bairut Lubna:
- Pen. DarulHikmah, 1985
- Azies Furqanuldan AChaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori
- dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000
- Ahmad Fuad Effendi. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
- Cangara Hafied. Pengantar I/mu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007
- Departemen Agama. Al-Qur ‘an dan Terjemahan RI, Semarang.CV.Toha Putra,
- Faisal Sanafiah. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: PT.Remaja
- GrafindoPersada,2001
- Kurikulum Madrasah Aliyah.Garis-Garis Besar Program Pengajaran
- (GBPP),Departemen Agama RI.Direktorat Jendral Bimbaga,2000
- Lexy J. Moleong.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda
- Karya, 2008
- Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005
- Nasution S. Metode Research (Penelitian Ilmiyah), Jakarta: PTBumiAksara, 2007
- Mustafha Alghalayain. Jamiu ‘uddurus Al-A ‘rabiyah, Pen.Mansyura:sAl-MaktabahAl-
- A’rabiyahul, 2005
- Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT
- Rosda Karya, 2000
- Nurhadi Roekhan. Dimensi-Dimensi Dalam Bahasa Kedua, Bandung: Pen Sinar
- Baru,1993
- YatimRianto. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Komunikatif
- Surabaya UnesaUniversityPress, 2007
- Soeparno. Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: Intas Pariwara, 1998
- SubanaM.dan Sudrajat. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiyah, Bandung: Pustaka Setia,
- Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008
- Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:
- Sina Baru, 1993
- Undang-Undang RI. No.14.Th. Undang-Undang Guru dan Dasen, Jakarta: Sinar
- Grafindo, 2006
- Yusuf Tayardan Anwar Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa,
- Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997
- Zakiyah Derajat dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
References
Ahmad Assayyid Al-Hasyimi. A/Qawaidul Al-Lughatul Al-A’rabiyah, Bairut Lubna:
Pen. DarulHikmah, 1985
Azies Furqanuldan AChaedar Alwasilah. Pengajaran Bahasa Komunikatif Teori
dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000
Ahmad Fuad Effendi. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang: Misykat, 2005
Cangara Hafied. Pengantar I/mu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2007
Departemen Agama. Al-Qur ‘an dan Terjemahan RI, Semarang.CV.Toha Putra,
Faisal Sanafiah. Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta: PT.Remaja
GrafindoPersada,2001
Kurikulum Madrasah Aliyah.Garis-Garis Besar Program Pengajaran
(GBPP),Departemen Agama RI.Direktorat Jendral Bimbaga,2000
Lexy J. Moleong.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda
Karya, 2008
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005
Nasution S. Metode Research (Penelitian Ilmiyah), Jakarta: PTBumiAksara, 2007
Mustafha Alghalayain. Jamiu ‘uddurus Al-A ‘rabiyah, Pen.Mansyura:sAl-MaktabahAl-
A’rabiyahul, 2005
Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT
Rosda Karya, 2000
Nurhadi Roekhan. Dimensi-Dimensi Dalam Bahasa Kedua, Bandung: Pen Sinar
Baru,1993
YatimRianto. Metodelogi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Komunikatif
Surabaya UnesaUniversityPress, 2007
Soeparno. Media Pengajaran Bahasa, Yogyakarta: Intas Pariwara, 1998
SubanaM.dan Sudrajat. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiyah, Bandung: Pustaka Setia,
Sugiono. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2008
Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung:
Sina Baru, 1993
Undang-Undang RI. No.14.Th. Undang-Undang Guru dan Dasen, Jakarta: Sinar
Grafindo, 2006
Yusuf Tayardan Anwar Syaiful. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa,
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1997
Zakiyah Derajat dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara,